Pilih Mana Investasi Emas Atau Properti
Image source: cp67.co.in

Untuk Kamu Yang Bingung Pilih Investasi Emas Atau Properti

Investasi Emas

Sebelum kamu membandingkan investasi emas dengan investasi properti, penting untuk mengetahui definisi masing-masing. Investasi emas atau logam mulia telah menjadi pilihan populer bagi masyarakat umum selama berabad-abad. Lihatlah wanita paling awal dan kamu akan melihat bahwa mereka semua memiliki tabungan emas sebagai jenis investasi. Meskipun di masa lalu investasi tidak populer, itu dipraktikkan cukup lama.

Ada banyak alasan untuk membeli emas adalah nilai emas yang biasanya konstan. Sebenarnya, itu biasanya naik setiap tahun. Namun barang tersebut berukuran kecil yang artinya bisa di mana-mana, seperti dengan bantuan ornamen.

Selain dibentuk menjadi perhiasan, juga dimungkinkan untuk menyimpannya di tempat yang aman untuk melindunginya terutama jika emasnya berbentuk batanganKamu harus menyimpan emas kamu di lokasi yang aman dan terjamin. Jika kamu memiliki emas dalam jumlah besar, sebaiknya simpan emas di tempat yang aman agar lebih terjamin.

Mungkin kamu ingin berinvestasi, tetapi tidak ingin khawatir menyimpannya di rumah? Kemudian, manfaatkan berbagai pilihan investasi emas batangan yang tersedia semakin banyak.

Dibandingkan dengan membeli emas sebagai perhiasan, emas batangan pasti lebih tinggi. Namun nilai jualnya lebih stabil dan mantap. Dimungkinkan untuk mendapatkan keuntungan dari berbagai organisasi bisnis yang memberikan kemungkinan untuk berinvestasi emas dengan modal minimal, misalnya yang disediakan oleh Pegadaian. Ini berarti kamu akan diminta untuk membeli emas batangan secara mencicil. Setelah kamu mencapai batas waktu, kamu bebas untuk membawanya pulang atau menyimpan emas kamu di Pegadaian.

Manfaat Investasi Emas

1. Bersifat Likuid

Emas yang kamu miliki dapat diambil kapan saja kamu membutuhkan uang tunai darurat.

2. Tanpa Pajak

Bertentangan dengan investasi lain Emas bebas pajak.

3. Harga Emas Akan Naik

Namun, bukan tidak mungkin harga emas fluktuatif, biasanya cenderung naik. Yang diperlukan hanyalah kemampuan kamu mengantisipasi untuk mengamankan harga jual premium.

4. Modal investasi sangat terjangkau

Dibandingkan dengan pilihan investasi jenis lain, uang pertama yang dikeluarkan untuk investasi modal emas biasanya lebih murah.

Kerugian dari investasi emas

Meskipun emas memiliki banyak keuntungan, namun kamu harus menyadari kelemahan berinvestasi emas.

1. Tidak Memiliki Nilai Penghasilan Biasa

Pasar emas bukanlah sumber nilai pendapatan reguler. Pendapatan rutin adalah pendapatan yang mengalir terus menerus dari investasi yang kita lakukan seperti pendapatan dari menyewakan rumah untuk kost. Jadi, setiap bulan kami menerima penghasilan. Bertentangan dengan situasi dengan emas, pendapatan dari investasi hanya dapat diperoleh saat menjualnya.

2. Keuntungannya tidak sebesar investasi properti

Sebagai perbandingan, investasi emas terhadap investasi properti memiliki keunggulan tersendiri. Investasi properti umumnya dianggap menghasilkan lebih banyak keuntungan bila kamu mampu mengatasinya.

Investasi Properti

Dalam perdebatan antara berinvestasi di properti versus emas Saat ini, semakin banyak orang yang memilih pasar properti oleh orang yang berbeda karena manfaat yang diberikannya. Hal ini dikarenakan nilai properti semakin meningkat setiap tahunnya.

Dibandingkan dengan investasi properti vs investasi emas, keduanya memiliki jenis investor yang berbeda. Investor yang menginvestasikan dananya di properti umumnya memiliki modal yang lebih tinggi. Untuk memulai usaha di bidang ini perlu memiliki ribuan, ratusan, atau bahkan miliaran rupiah. Berbeda dengan emas, yang bisa kamu mulai beli dari kisaran harga Rp. 600.000 per gram.

Manfaat Investasi Properti

Beberapa keuntungan berinvestasi properti yang bisa kamu nikmati dijelaskan dalam artikel, antara lain:

1. Harga Properti Terus Naik

Setiap hari, semakin banyak orang yang membutuhkan konstruksi dan tanah untuk perumahan dan lahan yang tersedia semakin terbatas. Karena itu, biaya properti selalu meningkat setiap tahun karena meningkatnya permintaan.

2. Memiliki Nilai Pendapatan Reguler

Ketika kamu berinvestasi di properti, kamu bisa menyewakannya, dan mendapatkan penghasilan bulanan.

3. Peluang Investasi Lebih Besar

Sejak 2016 semakin banyak investor yang memilih berinvestasi di industri properti. Pertumbuhan Pertumbuhan Produk Domestik (PDB) di Indonesia juga menjadig lebih positif dan mantap. Hal ini menguntungkan bagi pertumbuhan industri properti.

4. Bantuan Pemerintah

Dukungan dari pemerintah ini terlihat dari penerapan tax amnesty. Melalui program ini, pasar properti tanah air semakin berkembang karena kebutuhan yang semakin meningkat, serta kebutuhan pengembang untuk berusaha memenuhi permintaan tersebut.

5. Jaminan

Properti sekarang dapat digunakan sebagai jaminan agunan ketika kamu membutuhkan uang dalam jumlah besar dan kamu perlu meminjam uang dari bank. Hal ini karena properti dianggap sebagai aset yang berharga.

Kekurangan Investasi Properti

Namun, industri properti juga memiliki tantangan tersendiri. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha kamu di bidang ini.

1. Modal Besar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, investasi properti akan membutuhkan banyak modal.

2. Sangat sulit untuk dijual

Ini adalah perbedaan paling penting antara investasi emas dan investasi real estat. Berlawanan dengan emas, yang bisa dijual kapan saja pasar properti mahal, yang membuatnya sulit untuk dijual.

3. Berbagai Biaya Tambahan

Sebelum berinvestasi di properti, kamu harus mempertimbangkan biaya lain seperti pemeliharaan gedung, pengurusan sertifikat, PBB, dan lainnya.

4. Kemungkinan Sengketa

Sebelum kamu berinvestasi di properti, pastikan kamu memeriksa keakuratan surat serta sertifikasi lain yang dikeluarkan oleh properti. Hal ini penting untuk menghindari sengketa bangunan atau tanah yang dapat menjadi masalah.

Ini adalah gambaran singkat tentang perbedaan antara investasi emas dan investasi properti. Bersikaplah fleksibel terhadap kebutuhan dan situasi keuangan kamu. Jika kamu baru, atau pemula dan memiliki dana terbatas dan kamu ingin melakukan investasi bebas risiko, maka berinvestasi dalam emas adalah pilihan terbaik.

Jika kamu ingin bersenang-senang dan mendapatkan hasil yang lebih tinggi, maka kamu harus mempertimbangkan untuk berinvestasi di real estat. Faktor terpenting untuk dipertimbangkan terlepas dari opsi mana yang kamu pilih antara investasi properti dan investasi emas adalah mengetahui detailnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.