Transaksi Uang dari Masa ke Masa Dari Barter Hingga Pembayaran Digital

Transaksi Uang dari Masa ke Masa, Dari Barter Hingga Pembayaran Digital

Uang memainkan fungsi penting dalam peradaban manusia. Hal ini karena dengan uang, kita dapat melakukan pembayaran, penukaran, dan pembayaran jasa, serta menentukan harga jual atau beli.

Dahulu, sebelum ditemukannya uang, manusia memiliki metode pembayaran barang dan jasa yang berbeda-beda seperti barter dengan menggunakan cek atau kertas. Pada abad ke-20, pembayaran yang dilakukan dengan uang juga meningkat.

Barter

Pertukaran atau barter biasanya terdiri dari barang atau jasa. Misalnya, seseorang memberikan nasi dan temannya memberinya ikan dan sayuran. Sistem barter menuntut manusia untuk dapat saling berkomunikasi secara adil dalam pertukaran barang.

Tidak mengherankan, orang-orang saat ini harus melakukan perjalanan sebelum mereka dapat menukar barang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa barang-barang yang mereka miliki tiba di tempat yang benar dan juga untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Kertas Cek/Bertanda Tangan

Transfer uang secara bertahap mulai bergerak ke tahap baru. Keberadaan bank-bank kecil di seluruh dunia membuat cek atau dokumen lain yang berisi permintaan tanpa syarat dari nasabah kepada bank penyimpan untuk membayar sejumlah tertentu kepada orang yang memegang cek tersebut.

REKOMENDASI:  Keunggulan Bank Digital DigiBank

Cek pertama dibuat sekitar tahun 1659 dan ditulis pada tahun 1659 oleh Nicholas Vanacker. Itu adalah yang pertama dikeluarkan untuk PS400 namun, itu masih ditulis secara penuh. Namun, teknik ini masih belum cukup karena fakta bahwa jumlah bank di seluruh dunia sedang kekurangan pasokan pada saat itu.

 Telegraf

Pengiriman uang elektronik pertama terjadi pada tahun 1918, ketika telegraf digunakan untuk mentransfer mata uang dari satu lokasi ke lokasi lain. Lembaga pertama yang bisa melakukan hal seperti itu adalah Federal Reserve Banks. Kemudian, institusi lain di industri telegraf mulai menerapkan prosedur yang sama, yang mengarah pada pembentukan perusahaan Western Union.

Telegraf adalah teknologi pertama yang digunakan, dan di masa lalu, orang dapat menyelesaikan berbagai tugas lebih cepat, seperti mentransfer dana dari satu kota A di Kota A ke B hanya dengan beberapa klik. Pengiriman uang semakin sering terjadi, namun masih terdapat keterbatasan terkait aksesibilitas.

REKOMENDASI:  Bank BTPN Jenius: Tabungan Digital Indonesia Kesukaan Anak Muda

Transfer Elektronik

Cara transfer uang dapat berubah dengan munculnya ATM, Anjungan Tunai Mandiri dan kartu kredit atau debit. Jenis kartu yang kamu gunakan belum tentu sama dengan transfer uang, namun orang menggunakannya untuk alasan ini.

Misalnya, orang yang memiliki rekening bersama dan membutuhkan uang saat bepergian, dapat meminta orang lain untuk mentransfer uang tunai dari kota A ke kota B dengan cepat. Jika mereka membutuhkannya, yang perlu dilakukan orang tersebut hanyalah mentransfer dana ke rekening bank.

Cashless

Kelahiran teknologi internet, yang terjadi antara tahun 1983 dan 1990, pada saat World Wide Web diciptakan dan telah merevolusi segalanya mulai dari transfer uang hingga sseorang sekarang dapat mentransfer uang dari satu lokasi ke lokasi lain, tanpa dibatasi oleh jarak menggunakan layanan berbasis internet.

Berkat kemajuan teknologi pada abad ke-20 misalnya transfer dana dapat dilakukan dengan cepat dan mudah dengan menggunakan fintech atau financial technology. Perusahaan pengirim uang dapat melakukan transfer uang dengan hanya mengklik tombol.

Leave a Reply

Your email address will not be published.