Tips Sukses Bisnis Souvenir Bagi Pemula

Tips Sukses Bisnis Souvenir Bagi Pemula

Suvenir adalah salah satu bisnis yang terkait dengan tradisi, budaya, atau bahkan acara tertentu. Mereka biasanya jenis kenang-kenangan dari tempat atau acara tertentu.

Industri souvenir menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin memulai sebuah organisasi. Ada banyak ide kreatif yang bisa dibuat dengan membuat karya seni antara lain kalung, gelang dan baju serta gantungan kunci.

1. Cari tahu jenis produknya

Langkah awal dalam memulai bisnis penjualan oleh-oleh adalah dengan mengidentifikasi jenis barang dagangannya. Ada banyak jenis barang yang bisa ditawarkan untuk dijual.

Dimungkinkan untuk menjual suvenir yang cocok untuk pesta seperti ulang tahun, pernikahan, atau perayaan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menjual suvenir yang mencerminkan warisan budaya tempat kamu menjual suvenir.

Ada beragam produk yang bisa dibeli untuk disimpan sebagai oleh-oleh, seperti tas, dompet atau tas, sabun alat makan dan minum, sabun cuci tangan gantungan kunci, hand sanitizer, dan souvenir lainnya.

Namun, pada awalnya yang terbaik adalah berkonsentrasi pada jenis produk tertentu untuk membantu kamu menemukan pemasok.

2. Buat rencana bisnis

Setelah kamu mengidentifikasi produk yang ingin kamu jual, buatlah rencana bisnis termasuk memulai dengan riset pasar, dan kemudian membuat rencana dan peluang keuangan.

Rencana ini adalah tentang memastikan informasi dan branding dan branding, analisis pasar serta perencanaan anggaran, analisis pesaing dan strategi pemasaran produk. Oleh karena itu, ke depan rencana ini akan menjadi acuan untuk menjalankan bisnis ini.

3. Rencanakan modal

Langkah selanjutnya, kamu harus menyiapkan modal untuk usaha souvenir. Intinya, modal yang dibutuhkan untuk usaha ini tidak perlu besar. Khususnya, jika produk dapat tersedia untuk dijual melalui proses pre-order yang berarti kamu hanya perlu menawarkannya untuk dijual saat kamu menerima pesanan. Jika kamu memiliki rencana bisnis yang solid, maka kamu harus memikirkan pinjaman investasi modal untuk bisnis kamu.

4. Apakah kamu mencari pemasok?

Jika kamu memiliki dana dan rencana bisnis, kamu juga dapat mulai mencari pemasok. Dimungkinkan untuk menemukan pemasok yang akanmemungkinkan kamu untuk membeli produk yang sudah jadi, dan kemudian menambahkan kemasan ke spesifikasi pembelian kamu.

Selain bekerja sama dengan distributor penjual souvenir, penjual souvenir bisa bekerjasama dengan percetakan. Hal ini dikarenakan percetakan seringkali dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan branding souvenir.

5. Hitung biayanya

Penentuan harga jual dan penentuan harga berapa merupakan langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan. Jika anda menjual souvenir dalam jumlah banyak misalnya minimal 50/pcs anda akan dapat menentukan harga dalam jumlah banyak. Juga, semakin besar jumlah yang kamu pesan, semakin sedikit harga satuan. Jika kamu menjualnya secara individual, kamu dapat menentukan harga per unit melalui pertimbangan biaya produksi serta biaya lainnya.

6. Buat katalog

Buat katalog dengan contoh harga produk, harga, dan ketentuan pemesanan untuk memudahkan pelanggan berbelanja di toko kamu. Juga, kamu harus memastikan bahwa ada aturan tertulis untuk pembayaran yang tidak akan dikembalikan ketika pembeli memutuskan untuk membatalkan secara sepihak.

7. Tentukan lokasi mana yang akan dipasarkan

Suvenir tersedia di berbagai pasar yang biasanya sudah dikenal sebagai tujuan banyak penjual suvenir. Di Jakarta Seperti di Pasar Asemka, Jatinegara, atau Mall Mango Dua. Tapi, terbukti bahwa semakin banyak orang yang menjual barang di internet. Pasalnya, banyak konsumen yang juga mencari barang untuk dibawa pulang ketimbang langsung ke pasar, terutama karena adanya pandemi yang membuat masyarakat takut berkumpul di pasar.

8. Pentingnya kampanye promosi yang menarik

Metode terakhir untuk memulai bisnis suvenir kamu sendiri adalah dengan mengiklankan barang tersebut. Pemasaran produk dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dari mulut ke mulut maupun melalui media sosial.

Setiap platform hadir dengan kemampuan berbeda yang dapat dimanfaatkan untuk mengiklankan produk, baik dengan iklan berbayar maupun gratis. Ini berarti kamu dapat mengoptimalkan pemanfaatan setiap fitur berdasarkan kebutuhan kamu. Setelah bisnis kamu beroperasi, kamu dapat melakukan berbagai promosi untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Promosi tersebut dapat berupa potongan harga secara langsung atau gratis ongkos kirim. Atau bisa juga dengan program referral yaitu deal yang secara khusus ditawarkan kepada calon pembeli yang menerima rekomendasi dari mereka yang sudah melakukan pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.