Tips Memaksimalkan Nilai Investasi Emas Perhiasan

Tips Memaksimalkan Nilai Investasi Emas Perhiasan

Investasi yang paling terkenal di masa lalu dan saat ini adalah emas, baik itu perhiasan maupun emas batangan. Meski sama-sama terbuat dari logam mulia, emas batangan memang memiliki keunggulan dibandingkan investasi perhiasan emas.

Emas batangan yang paling terkenal yang digunakan untuk berinvestasi adalah emas batangan Antam namun tersedia berbagai merek. Emas batangan tersedia dalam berbagai jenis berat, termasuk tiga gram atau lima gram atau 100 gram, dan semuanya terbuat dari emas 24 karat , atau emas murni.

Emas batangan dan perhiasan hadir dengan metodenya masing-masing untuk meningkatkan nilai investasinya. Jika kamu berencana untuk investasi perhiasan berbasis emas, lihat strategi ini untuk meningkatkan nilai investasi kamu

1. Memilih Toko Perhiasan

Proses memilih toko perhiasan sulit karena ada banyak toko yang menawarkan berbagai jenis perhiasan. Sebaiknya pilih toko yang sudah terkenal dan direkomendasikan oleh banyak pelanggan agar harga yang ditawarkan juga dapat diandalkan.

REKOMENDASI:  Keuntungan Berinvestasi Di Reksadana

2. Pilih Jenis Perhiasan

Ada banyak jenis perhiasan emas yang bisa kamu beli termasuk kalung serta gelang, cincin, dan anting-anting. Setelah kamu memutuskan jenis perhiasan, kamu juga harus memutuskan jumlah kandungan emas yang ada. Ini tentu saja ditentukan oleh kemampuan kamu sendiri, tetapi disarankan untuk menggunakan 24 karat karena pada titik ini lapisan emasnya lebih lentur dan oleh karena itu harga pembuatannya lebih murah.

3. Jangan jatuh ke tengah-tengah

Kesalahan paling umum adalah berinvestasi menggunakan bantuan dana utang. Alih-alih bertujuan untuk mendapatkan penghasilan, kamu malah bisa merugi karena cicilan utang yang kamu hasilkan bisa jadi lebih besar dari keuntungan yang kamu peroleh. Pastikan untuk melakukan investasi pada perhiasan emas menggunakan uang yang kamu buat sendiri.

4. Pantau Harga Emas

REKOMENDASI:  Perbedaan Investasi Reksa Dana Dan Unit Link

Dengan mengetahui harga emas saat ini, kamu akan dapat menentukan jumlah keuntungan yang akan kamu peroleh dan kapan kamu dapat menjual perhiasan yang kamu milikiKamu juga bisa menentukan momen terbaik untuk berinvestasi lebih banyak.

5. Periksa Perhiasan

Sangat penting untuk berhati-hati saat membeli perhiasan emasKamu harus memastikan bahwa perhiasan yang kamu pilih berfungsi dengan baik. Tidak ada cacat atau goresan. Hal ini penting karena jika kamu memutuskan untuk menjual perhiasan di masa depan, pengecer akan memeriksa kondisi barang dan dapat menolak penjualan karena kondisinya tidak baik.

6. Jangan Gunakan

Meskipun salah satu keuntungan membeli perhiasan emas adalah kamu dapat menggunakannya, itu bukan sesuatu yang perlu dipertimbangkan. Warna emas bisa memudar jika kamu sering memakainya. Belum lagi kemungkinan kerugian karena perhiasan emas kecil kemungkinannya untuk menarik perhatian pencuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.