Tips Bisnis Ayam Kampung Untuk Pemula yang Baru Ingin Memulai

Tips Bisnis Ayam Kampung Untuk Pemula yang Baru Ingin Memulai

Ayam broiler masih lebih populer daripada ayam kampung. Ayam broiler masih mendominasi pasar daging ayam, namun ayam kampung terus berkembang di pasarnya.

Ini adalah peluang bisnis yang bagus. Kelebihan beternak ayam kampung banyak yang membedakan dengan ayam broiler. Pada artikel selanjutnya, kamu akan mengetahui cara beternak ayam kampung untuk pemula dan peluang bisnis apa saja yang tersedia.

1. Pilih waktu yang tepat

Menemukan waktu yang tepat adalah langkah awal dalam beternak ayam kampung. Penting untuk memulai beternak ayam kampung hanya ketika pasar ayam sedang meningkat, seperti saat Idul Fitri dan Tahun Baru.

kamu dapat memaksimalkan pendapatan dan keuntungan kamu dengan memilih waktu yang tepat, daripada menaikkan terlalu banyak.

2. Memilih benih unggulan

Ini adalah tips kedua yang sudah banyak orang ketahui. Apa yang dimaksud dengan benih unggul? Apakah bibit unggul termasuk dalam ayam gesit? Ini mungkin benar, tetapi penting untuk mempertimbangkan jenis, ukuran, dan jenis ayam.

REKOMENDASI:  Kemampuan Digital Yang Harus Dimiliki Pelaku UMKM

Ras ayam yang berbeda memiliki bobot tubuh ideal yang berbeda. Saat membeli DOC (ayam), pastikan kamu mengetahui indukan apa untuk menentukan bobot terbaik untuk ayam. Ini akan memungkinkan kamu untuk memilih benih yang unggul.

3. Makanan bergizi tinggi yang disajikan secara teratur

Peternak ayam sering mengabaikan tip ketiga ini. Sebagai sumber pakan, pakan bernutrisi tinggi diperlukan untuk memastikan ayam mendapatkan nutrisi yang cukup. Ini juga akan merangsang pertumbuhan dan perkembangan burung asli.

Pakan ayam berprotein tinggi, seperti konsentrat atau pur ayam, adalah yang terbaik. Pakan lainnya antara lain jagung, kedelai dan bekicot, tepung tulang atau tepung ikan, tepung udang, ampattofu, dan pakan lainnya.

Penting untuk memberi makan hewan peliharaan kamu secara teraturKamu harus memberi makan hewan peliharaan kamu tiga kali sehari: pagi, siang, sore, dan malam.

4. Kandang yang besar, kering dan sejuk

Penting untuk memeriksa kondisi kandang tempat ayam kampung dipelihara. Sesuaikan luas kandang agar ayam kampung lebih aktif.

REKOMENDASI:  Berikut 6 Tips Bisnis Makanan Ringan, Ternyata Mudah!

Ayam kamu harus dibiarkan berkeliaran di luar kandangKamu juga harus mempertimbangkan cuaca. Lebih baik memelihara ayam di kandang saat musim hujan.

kamu harus menempatkan lubang ventilasi dengan benar dan tepat untuk membuat kandang yang lebih dingin. Jangan biarkan ayam kamu kepanasan, karena bisa menyebabkan stres. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur, jaga kandang ayam tetap kering dan hangat selama musim hujan.

5. Kandang Sortir dan Kandang Karantina

Tip ini sangat penting ketika ayam menjadi sakit. Sangat penting bahwa kamu segera memisahkan ayam dari ayam lainnya. Untuk menampung ayam yang sakit, kamu perlu membuat kandang isolasi sendiri.

kamu perlu memisahkan ayam yang terlambat tumbuh atau memiliki tubuh yang lebih kecil.

Itulah tips untuk membantu kamu memulai peternakan ayam kampung. Ini akan membuat ternak kamu lebih menguntungkan dan memaksimalkan keuntungan kamu. Penting untuk terus belajar dan tidak menyerah. Untuk mencapai hasil yang optimal, kamu harus memahami ilmu di balik peternakan dan tidak gagal lagi.