Tanaman yang Dapat Berfungsi Untuk Mendeteksi Pencemaran Air

Tanaman yang Dapat Berfungsi Untuk Mendeteksi Pencemaran Air

Tumbuhan yang dapat berfungsi untuk mendeteksi adanya pencemar air disebut tumbuhan hidrofit. Tumbuhan jenis ini biasanya terdapat di badan air karena berada di dasar perairan.

Dalam buku pelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Pertama karya Aloysius & Sukiman (2008) Tumbuhan hidrofit berperan penting dalam menjaga kualitas tanah di bawah air. Prinsip di balik ini adalah untuk membantu mengurangi tekanan air dan membuatnya mampu menangkap sedimen dan pencemaran air.

Karakteristik Tumbuhan Hidrofit

Tumbuhan yang digunakan untuk mendeteksi pencemaran air memiliki berbagai ciri khas yang membedakannya dengan tumbuhan lain. Beberapa ciri tumbuhan hidrofit adalah :

  • Memiliki kutikula yang tipis.
  • stomata terbuka dan banyak
  • Memiliki daun yang rata pada bagian luar tanaman, yang berfungsi untuk membantu tanaman mengapung.
  • Akarnya tipis dan ringan.
  • Akar dapat menarik oksigen ke dalam
REKOMENDASI:  Berikut Cara-Cara Menanam Ubi Jalar, Bisa Kamu Lakukan Sendiri!

Fungsi Tumbuhan Hidrofit

Selain mencegah pencemaran saluran air Tumbuhan hidrofit juga melakukan fungsi yang berbeda. Mereka dapat diklasifikasikan di bawah ini:

  1. Penghias Kolam

Jika kamu memiliki kolam, tidak ada salahnya untuk menanam tanaman hidrofit untuk mempercantik tampilannya. Kolam tidak boleh hanya penuh dengan ikan air. Sebaiknya ditaburi dengan jenis tanaman hidrofit untuk membantu membuat kolam terlihat lebih menarik dan hijau.

  1. Mampu mengambil racun dalam air

Ikan yang dipelihara di kolam pasti akan menghasilkan kotoran yang harus rutin dibersihkan. Jika menumpuk, kotoran harus sering dibersihkan.

Pilihan lain yang bisa diterapkan adalah dengan menanam tanaman air di dalam kolam. Tanaman akan mampu menyerap amonia, yang merupakan zat berbahaya. Amoniak diubah menjadi makanan bagi tanaman, yang artinya akan meningkatkan kualitas di tambak bisa ditingkatkan.

  1. Meningkatkan Kandungan Oksigen di dalam Air
REKOMENDASI:  3 Cara Menanam Tanaman Kumis Kucing Dengan Baik Dan Benar

Selain mengambil racun, tanaman ini juga membuat oksigen karena klorofil mereka, dan mereka melakukan fotosintesis. Dengan cara ini oksigen dibuat dan diserap oleh air. Ketika kandungan oksigen di dalam air naik maka ikan akan lebih mudah bernafas dan hidup lebih lama.

Oleh karena itu, tumbuhan yang dapat berfungsi untuk mendeteksi kualitas air adalah contoh tumbuhan yang bersifat hidrofit. Contoh tumbuhan hidrofit yang mudah tumbuh dan dirawat antara lain teratai, teratai dan eceng gondok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.