Tanaman Pangan dan Juga Fungsinya

Tanaman Pangan dan Juga Fungsinya

Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar yang harus dipenuhi setiap saat untuk menghasilkan energi sehingga dapat melakukan berbagai hal dengan bebas. Sebagian besar sumber pangan berasal dari sumber alam dan air baik yang belum diolah maupun yang sudah diolah dan umumnya disebut sebagai pangan tanaman.

Tumbuhan pangan adalah tumbuhan yang menyediakan berbagai unsur nutrisi penting bagi tubuh kita seperti karbohidrat kompleks dan protein. Untuk makanan Indonesia, makanan biasanya dikaitkan dengan nasi karena merupakan sumber makanan yang paling umum. Berdasarkan pengalaman kami, permasalahan ketahanan pangan seperti kenaikan harga beras telah berubah menjadi krisis multidimensi yang mengancam stabilitas perekonomian dan bangsa.

Selain tanaman padi, masih banyak contoh tanaman pangan yang menyediakan protein dan karbohidrat. Misalnya ada serella (gandum beras dan jagung) dan umbi-umbian (ubi jalar dan singkong) dan buncis (kacang tanah dan kedelai serta buncis).

Tanaman pangan ini mudah dibudidayakan oleh petani yang memiliki lahan pertanian sendiri. Varietas tertentu dari tanaman ini tidak memerlukan banyak perawatan, seperti ubi jalar, dan kedelai. Namun ada beberapa yang membutuhkan perawatan intensif, seperti jagung, nasi kentang, dan lainnya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan makan dan mensuplai pangan, ternyata tanaman pangan dapat menjadi peluang usaha yang menggiurkan yang dapat mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi manusia melalui budidaya.

Fungsi Tanaman Pangan

Tanaman pangan terkenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi sebagai sumber energi. Tanaman dapat diubah menjadi bahan makanan yang memiliki karbohidrat. Karbohidrat dipecah menjadi bentuk yang lebih kecil untuk dikonsumsi melalui tubuh.

Karbohidrat merupakan sumber energi dan diolah menjadi molisakarida yang kemudian diserap oleh tubuh dalam aliran darah. Gula aliran darah ini akan diproses lebih lanjut untuk memberikan vitalitas bagi tubuh kita.

Tanaman pangan selain sebagai sumber energi juga bermanfaat dalam proses regenerasi sel dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mineral dan vitamin yang ditemukan dalam makanan dapat membantu regenerasi sel dan pembentukan sel baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.