Pilih Makan Pakai Tangan Atau Sendok?

Orang suka makan dengan sendok karena lebih enak. Tapi tahukah kamu bahwa makan dengan tangan baik untuk kesehatan? Menurut Times of India, ada banyak alasan untuk makan dengan tangan kamu, dan kamu akan menyadari manfaat kesehatan dari makan dengan sendok.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Makan dengan tangan kamu adalah aktivitas hebat yang meningkatkan sirkulasi darah. Apakah kamu sedang mencampur makanan kamu atau membentuk gigitan makanan, menggunakan tangan kamu menggerakkan sendi dan jari-jari kamu, yang sama dengan latihan tangan lainnya.

2. Membantu kamu dalam menjaga proporsi makanan

Makan dengan tangan membutuhkan waktu sedikit lebih lama daripada makan dengan sendokKamu tidak hanya menghabiskan lebih banyak waktu mengunyah makanan dengan cara ini, tetapi kamu juga menghabiskan lebih sedikit waktu daripada jika kamu makan dengan sendok.

3. Membentuk koneksi dengan makanan

Makan dengan tangan sudah lama menjadi kebiasaan. Orang tidak hanya makan dengan tangan, tetapi mereka juga terbiasa duduk di tanah saat melakukannya. Meskipun telah berkembang menjadi peralatan makan perak dan meja makan yang mewah, makan dengan tangan tetap memiliki kedekatan khusus dengan setiap individu. Makan dengan tangan tidak hanya membuat kita bernostalgia, tetapi juga membuat kita terhubung dengan apa yang kita konsumsi.

4. Peningkatan Pencernaan

Beberapa bakteri yang dianggap bertahan melawan penyakit hidup di tangan, perut, dan usus. Makan dengan tangan memungkinkan kuman ini masuk ke dalam tubuh dan melindungi sistem pencernaan dari bakteri berbahaya. Sebelum kamu duduk untuk makan, selalu cuci tangan kamu dengan sabun dan air.

5. Berpotensi mencegah diabetes tipe 2.

Makan dengan sendok dan peralatan makan dikaitkan dengan makan lebih cepat, yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan gula darah dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Orang dengan diabetes tipe 2 lebih mungkin daripada non-diabetes untuk menjadi pemakan cepat yang menggunakan alat makan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition. Makan dengan tangan telah terbukti memperlambat proses makan dan karenanya menghindari perkembangan diabetes tipe 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.