Penuhi Target Resolusi Dengan Mulai Investasi Reksa Dana

Penuhi Target Resolusi Dengan Mulai Investasi Reksa Dana

Awal tahun adalah waktu yang ideal untuk memulai sesuatu yang baru dan lebih efisien. Inilah mengapa penting untuk membuat resolusi keuangan bagi generasi millennial. Generasi milenial dikenal memiliki cara yang lebih realistis untuk membuat resolusi keuangan yang memiliki tujuan tertentu seperti menyisihkan uang untuk investasi, seperti investasi reksa dana, hingga membuat rekening tabungan darurat. Bagi yang berencana membuat resolusi keuangan untuk tahun ini, berikut beberapa panduan yang bisa diikuti.

Tingkatkan penghasilan kamu dengan berinvestasi

Menabung bisa menjadi pilihan paling efektif untuk memenuhi resolusi keuangan kamu. Tapi, pernahkah kamu berpikir, apakah menabung ternyata bisa memberikan beberapa keuntungan, meski aman? Oleh karena itu, tidak ada risiko dalam berinvestasi.

Bentuknya juga bisa berbeda karena bisa berupa investasi berwujud seperti emas dan properti , atau jenis alternatif seperti reksa dana. Keuntungan dari jenis reksa dana ini adalah dapat memperoleh pengembalian yang mengesankan. Selanjutnya, dana ini dapat dipercaya sebagai investasi jangka panjang. Jika kamu kekurangan waktu untuk berinvestasi, jangan khawatir, karena reksa dana diawasi oleh para profesional investasi berpengalaman yang mengawasi investasi reksa dana untuk memastikan bahwa reksa dana beroperasi secara efisien.

Dana darurat terkumpul

Sudahkah kamu mempertimbangkan dana darurat? Pertimbangkan untuk menyiapkan dana darurat untuk tahun ini. Ada banyak manfaat memiliki dana darurat. Misalnya, jika kamu kehilangan pekerjaan atau setidaknya menerima kehilangan gaji, memiliki dana darurat dapat membayar pengeluaran kamu, selain dari investasi modal. Namun, jika terjadi kejadian tak terduga, seperti bencana alam, penyakit, atau biaya perawatan properti.

REKOMENDASI:  Tips Alokasi Dana Dari Hasil Investasi Saham

Berapa ukuran dana darurat ideal kamu? Perencana keuangan keluarga menyarankan agar dana darurat kamu minimal 3 kali pengeluaran bulanan kamu. Jumlahnya bisa sedikit berbeda dan tergantung pada keadaan keluarga kamu seperti jumlah tanggungan.

Ambil asuransi untuk memastikan masa depan yang aman

Tidak hanya untuk dana darurat, asuransi sangat penting untuk menjaga stabilitas keuangan keluarga yang dapat digunakan untuk mendanai investasi reksa dana. Asuransi itu bisa bermacam-macam, seperti asuransi kesehatan, asuransi pekerjaan, serta asuransi hari tua dan bahkan asuransi harta benda. Dua asuransi yang sangat penting adalah asuransi hari tua dan asuransi kesehatan.

Paling tidak, kamu harus memiliki tingkat minimum asuransi yang ditawarkan oleh pemerintah seperti BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Jika perlu, sudah sepantasnya mendapatkan asuransi swasta untuk menutupi segala kekurangan yang ada. Dalam keadaan darurat, biaya dapat diminimalkan dengan menggunakan uang tunai dari asuransi kamu.

Kredit yang lebih sehat

Mewaspadai cicilan atau tagihan kredit sangat penting agar dapat mulai melakukan investasi reksa dana sebelum memulai setiap tahunnya. Pilah mana yang harus dibayar terlebih dahulu, dan jangan menunda pembayaran sampai jatuh tempo. Dana akan cepat habis dan membuat tagihan cicilan tidak terbayar. bahkan saldo bisa naik karena denda yang dikenakan.

REKOMENDASI:  Cara Cerdas Investasi Reksa Dana Bagi Seorang Pemula

Juga, ketika kamu menggunakan kartu kredit. Kartu kredit dapat mempermudah transaksi. Namun, jika kamu memiliki beberapa kartu kredit sekaligus, mungkin akan sulit mengelola kartu-kartu tersebut. Manfaatkan kartu kredit hanya bila diperlukan, dan kamu akan dapat menyimpan sisa dana kamu untuk disisihkan untuk investasi di reksa dana. Jangan melebihi batas penggunaan kamu. Selain tidak bijak menggunakan kartu kredit yang tidak bijak bisa membuat kamu semakin impulsif.

Mulailah berinvestasi di reksa dana dengan pikiran yang serius

Setelah empat pilihan untuk memenuhi resolusi tersebut telah terpenuhi, inilah saat yang tepat untuk serius dalam berinvestasi di reksa dana. Proses pendirian reksa dana pada awalnya memang tidak mudah, namun untuk menghilangkan kebingungan, kamu bisa memulainya dengan mudah.

Langkah pertama adalah menentukan tujuan berinvestasi di reksa dana. Misalnya, kamu bisa mulai membuka reksa dana untuk membantu kebutuhan sekolah anak atau asuransi kesehatan, dan dana sejenis lainnya. Meskipun keuntungan yang ditawarkan reksa dana sangat mengesankan jika dibandingkan dengan investasi lain, penting untuk mengetahui profil risiko-imbalan mereka, terutama ketika terjadi fluktuasi harga. Ketiga, kamu harus konsisten dan rutin saat menyisihkan dana untuk diinvestasikan di reksa dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.