Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Bagi mereka yang kuno atau pendatang baru di dunia investasi yang tidak terbiasa dengan gagasan memiliki dana tabungan darurat, tidak ada alasan untuk khawatir. Hari ini, Sahamin akan memberi kamu perincian tentang definisi dana darurat dan mengapa sangat penting bagi semua orang untuk dapat melakukannya. Simak di bawah ini, ya!

Apa itu Dana Darurat?

Oleh karena itu, dana darurat tersedia untuk mempersiapkan keadaan darurat yang tidak terduga yang membutuhkan uang tunai secepat mungkin. Inilah sebabnya mengapa disebut dana darurat karena dana ini dirancang untuk keadaan darurat yang membutuhkan perhatian segera.

 

Misalnya, jika kamu tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan kamu, atau perusahaan kamu tidak efisien karena keadaan seperti pandemi dan banyak keadaan mendadak lainnya, kamu memerlukan uang untuk menutupi kebutuhan sehari-hari kamu.

Dana untuk keadaan darurat membuat kamu tidak perlu mendapatkan pinjaman saat kamu membutuhkan uang tunai yang mendesak. Inilah alasan mengapa fungsi akun darurat sangat penting dalam menciptakan fondasi untuk kehidupan yang sehat secara finansial.

Bagaimana cara menghitung Dana Darurat?

Apa dana darurat yang terbaik untuk dimiliki? Tidak ada jumlah tertentu untuk dimasukkan dalam dana darurat karena situasi keuangan setiap orang berbeda.

Namun ada pendekatan perhitungan yang sering digunakan dan mudah digunakan sebagai acuan untuk menyisihkan dana darurat.

Dana Darurat Pribadi

Jika kamu lajang dan lajang tanpa tanggungan, dana darurat kamu harus 3-6 kali pengeluaran bulanan normal kamu.

Pusing? Gunakan contoh pertanyaan, oke? Jika misalnya pengeluaran bulanan kamu sekitar 2 juta rupiah per tahun, dana darurat yang harus kamu keluarkan antara 6 hingga 12 juta.

Dana Darurat Bagi kamu Yang Menikah

Jika kamu anak-anak, maka kamu akan memiliki tanggungan dan tentunya dana darurat yang perlu kamu sisihkan juga lebih besar.

Jika kamu sudah menikah, dana darurat ideal yang bisa mereka miliki adalah 6-12 kali lipat dari pengeluaran rutin bulanan mereka. Jika, misalnya, keluarga kamu terdiri dari satu anak yang memiliki penghasilan tetap 5 juta dolar per bulan, dana darurat yang perlu kamu bangun adalah antara 30 dan 60 juta.

Rumus untuk menghitung jumlah dana darurat yang optimal dengan acuan 3-12 bulan berasal dari pemikiran bahwa pada saat inilah yang bersangkutan perlu mencari kesempatan kerja jika keadaan darurat yang dihadapinya adalah pekerjaan. pemutusan hubungan kerja (PHK).

Tanpa sumber pendapatan, keluarga berharap bahwa rekening tabungan darurat dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan yang akan dibutuhkan keluarga sampai sumber pendapatan pekerjaan baru ditemukan.

Semakin tinggi pengeluaran rutin bulanan keluarga kamu, semakin besar pula dana untuk keperluan darurat yang harus diakumulasikan. Oleh karena itu, penting untuk melacak pengeluaran keluarga kamu setiap bulan. Memisahkan kebutuhan primer, sekunder, dan tersier akan membantu kamu mengontrol pengeluaran dan pendapatan bulanan, sehingga potensi nilai dana yang harus disiapkan dapat diakses dalam waktu singkat.

Alasan untuk bisa memiliki dana darurat

Ketika kamu memahami pentingnya memiliki dana darurat dari segi nilai dan nilai optimal dari dana darurat itu sendiri dan seluruh anggota rumah tangga kamu. Saham akan membahas beberapa keuntungan dari memiliki rekening darurat serta pentingnya memiliki dana darurat:

Untuk memastikan bahwa kamu tidak merasa pusing atau bingung

Dengan dana darurat kamu tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkan uang tunai jika terjadi keadaan darurat seperti kerusakan mobil, rumah yang perlu segera diperbaiki, kehilangan orang tersayang Masih banyak lagi yang lainnya. situasi yang dapat memicu keadaan darurat.

Jika kamu memiliki rekening tabungan darurat, kamu dapat menggunakannya kapan pun kamu membutuhkannya sehingga distribusi tabungan dan investasi lainnya dapat aman.

Klub Anti-Utang

Ini adalah salah satu keuntungan utama memiliki rekening tabungan darurat yaitu menghindari mengambil pinjaman yang tidak perlu. Jika kamu memiliki cadangan yang cukup, kamu tidak terjebak dalam situasi yang tidak menguntungkan, seperti utang kartu kredit.

Karena pada saat darurat, seperti PHK dan PHK, mengambil pinjaman untuk menutupi pengeluaran rutin dapat menyebabkan lebih banyak kerugian bagi keluarga dalam waktu yang tidak terduga. Karena suku bunga pinjaman akan terus meningkat dan sumber uang untuk membayar pinjaman tidak jelas.

Dana Investasi Aman Sentosa

Dengan memiliki dana investasi cadangan darurat, mereka aman dan tidak akan dijual. Ketika kamu berinvestasi dalam bisnis, dan ada kebutuhan untuk percaya bahwa uang akan meningkat nilainya selama jangka waktu tertentu.

Jika modal yang diinvestasikan adalah kemampuan untuk “dicabut” di tengah keadaan darurat, maka akan sangat disayangkan bukan. Apalagi jika investasi tersebut harus dilakukan dalam keadaan “cut lost” dan/atau loss.

Ini harus dihindari bila memungkinkan, jadi memiliki dana darurat yang tersedia akan melindungi investasi dan aset kamu agar tidak dijual dengan harga murah.

Simpan Untuk Momen Sempurna

Kuncinya adalah kamu memiliki dana darurat jika tidak ada kebutuhan mendesak, kamu dapat memanfaatkan dana tersebut untuk memanfaatkan peluang keuntungan yang langka.

Misalnya, ketika ada kesepakatan properti yang memiliki potensi besar tetapi hanya beberapa unit, atau proposal bisnis yang menggiurkan dengan prospek yang menjanjikan, tetapi hanya dalam waktu singkat. Situasi ini dapat diatasi dengan bantuan uang darurat.

Tapi ingat! memastikan bahwa penawaran yang kamu terima aman dan menawarkan peluang sukses yang baik. Ingatlah untuk mulai membangun dana darurat kamu kapan pun kamu bisa.

Hidup Aman dan Damai

Ini adalah motif utama di balik memiliki uang darurat ini. Dengan memiliki rekening tabungan darurat, dimaksudkan agar setiap keluarga atau setiap orang akan merasakan posisi keuangan yang aman dan tenang jika terjadi keadaan darurat yang tidak terduga.

Rekening tabungan dapat memberikan solusi untuk situasi seperti ini dan, tentu saja, dengan ketenangan dan keamanan, kamu akan dapat menjalani kehidupan yang lebih baik.

Inilah salah satu alasan mengapa menyimpan dana darurat sangat penting dalam mengelola situasi keuangan kita. Oleh karena itu, mulai hari ini mari kita lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan kita dan pastikan untuk menyiapkan payung jika hujan. Pastikan kamu memiliki dana darurat yang tersedia untuk keluarga dan diri kamu sendiri jika terjadi keadaan darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.