Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek

Mobil tidak mau hidup, dan suara tektek mengganggu dan membuat frustasi pemilik mobil.  Pernahkah kamu mengalami mobil mengeluarkan bunyi klik atau memekik saat tidak mau hidup? Suara mesin normal akan terdengar saat mesin dihidupkan. Hal ini karena komponen mesin mengalami perpindahan energi dan pergerakan saat distarter. Namun, terkadang kamu mungkin mendengar suara yang tidak biasa seperti tektek. Mengapa mesin membuat suara ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Bunyi Tek Tek

Dinamo Starter Longgar

Starter Dynamo mengontrol poros engkol. Komponen ini mengandalkan energi listrik yang disediakan oleh baterai. Letaknya di dekat roda gila (flywheel). Dinamo starter menghasilkan banyak tenaga untuk memungkinkan keempat piston mobil bergerak. Komponen ini harus dipasang dengan aman.

Baut khusus mengamankan dinamo starter ke mesin. Mesin akan mengeluarkan suara tektek saat baut kendorKamu dapat mengencangkan baut yang menahan dinamo starter pada tempatnya. Jika lubang baut menjadi aus, kamu harus mengencangkannya.

Kerusakan Pada Gigi Pinion Motor Starter

Komponen gigi pinion dapat menyebabkan mobil tidak dapat distarter dan suara tektek. Apa itu gigi pinion? Roda gigi pinion adalah roda gigi kecil yang berputar antara roda gila dan angker starter. Roda gigi pinion terlihat saat mesin dihidupkan. Kemudian terlibat dengan roda gigi flywheel. Dengan cara ini, roda gila berputar dengan dinamo.

Roda gigi yang aus adalah penyebab paling umum kerusakan pada bagian roda gigi pinion. Dalam kasus ekstrim, pinion bahkan bisa rontok dan aus. Keausan disebabkan oleh fakta bahwa gigi pinion terus-menerus bersentuhan dengan roda gila saat bekerja. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti gigi pinion kamu.

Masalah Dengan Dudukan Mesin

kamu mungkin dapat memeriksa pemasangan mesin jika mobil tidak dapat dihidupkan atau berbunyi bip. Engine mounting merupakan komponen yang berfungsi sebagai penahan mesin untuk memastikan posisinya stabil di ruang mesin. Komponen ini juga meredam getaran mesin untuk memastikan penumpang mobil nyaman saat berkendara.

Dudukan mesin terbuat dari karet dan logam. Ini berfungsi sebagai peredam. Ketika peredam karet menjadi longgar, gangguan dapat terjadi. Bunyi tek tek dapat disebabkan oleh peredam karet mesin.

Oli Belum Naik

Oli penyebab terakhir bunyi tektek. Oli akan menumpuk di oil pan atau carter jika mesin tidak dihidupkan untuk beberapa saat. Bagian atas mesin juga akan mengalami kekeringan. Kondisi ini membuat mobil sulit distarter dan mengeluarkan suara tektek.

Ini karena mekanisme katup bekerja tanpa pelumasan yang tepat. Untuk masalah seperti ini, kamu tidak perlu khawatir. Tunggu hingga minyak oli naik sebelum kamu melakukan apa pun. Tunggu sebentar, lalu nyalakan starter lagi. Jika mobil tidak dapat dihidupkan dan tidak ada suara tektek, masalahnya mungkin karena level oli rendah.

Mobil tidak mau hidup, dan suara “tektek” cukup sering terdengar. Hal ini terutama berlaku untuk mobil yang tidak sering dimulai. Semoga pembahasan tentang mobil yang tidak mau menyala ini dapat membantu kamu untuk lebih waspada dalam merawat mobil kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.