Mengenal Tumbuhan Porang dan Jenisnya

Mengenal Tumbuhan Porang dan Jenisnya

Tahukah kamu jenis tanaman apa yang disebut porang? Beberapa orang mungkin tidak mengetahui tanaman ini, yang sering disebut sebagai tanaman liar. Padahal tanaman porang sebenarnya merupakan tanaman terapeutik, namun juga dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Selain mudah didapat Selain itu, tanaman ini juga mudah ditanam dan dibudidayakan. Jika anda kurang yakin dengan tanaman porang maka disarankan untuk membaca detail manfaat dan cara budidaya tanaman porang.

Mengenal Tanaman Porang

Tanaman porang merupakan salah satu jenis tanaman penghasil umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai obat, makanan, serta bahan baku kelas industri. Bahan yang paling terkenal dalam tanaman adalah zat glukomanan yang ditemukan dalam umbi. Zat glukomanan ini mirip dengan tepung dan merupakan serat organik.

Bentuk glukomanan ini dapat dengan mudah larut dalam air. Penting untuk dipahami bahwa tanaman porang tumbuh subur di ketinggian antara 100 dan 600 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar tanaman porang membutuhkan naungan tanaman lain seperti mahoni dan jati agar dapat tumbuh dengan baik.

Tanaman porang sangat bagus untuk tumbuh di kawasan hutan liar, di mana pohon-pohon besar terus tumbuh. Selain dibudidayakan secara sengaja tanaman porang dapat ditemukan di hutan alam. Jenis pohon ini berada di hutan jati, di sepanjang tepi hutan dan kawasan semak belukar. Mereka juga dapat ditemukan di desa-desa di mana tanaman hutan liar masih tumbuh subur.

Jenis Tanaman Porang

Ada sekitar 80 jenis tanaman porang yang termasuk dalam famili iles-iles. Meski tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, spesies tumbuhan ini hadir dalam berbagai golongan darah di Indonesia. Berikut jenis tanaman porang yang terdapat di negara Indonesia:

  • Amorphophallus oncophyllus
  • Amorphophallus campanulatus
  • Amorphophallus variabilis
  • Amorphophallus decus silvae
  • Amorphophallus spectabilis
  • Amorphophallus titanium
  • Amorphophallus muelleri

Jenis tanaman porang yang umum dimanfaatkan sebagai bahan baku pangan dapat diklasifikasikan sebagai Amorphophallus variabilis Amorphophallus campanulatus, dan Amorphophallus oncophyllus. Tumbuhan dari famili porang umumnya dideskripsikan sebagai Amorphophallus variabilis dan juga Amorphophallus oncophyllus.

Amorphophallus Campanulatus Amorphophallus campanulatus lebih sering disebut tanaman suweg. Banyak orang yang kesulitan membedakan tanaman suweg dengan tanaman porang karena bentuknya yang mirip. Mereka serupa dalam magna, tetapi bagaimanapun, mereka memiliki perbedaan yang berbeda.

Perbedaan utama antara tanaman porang dan suweg adalah batang, daun, dan bentuk ubi jalar. Daun suweg kecil-kecil, dengan batang yang ditumbuhi duri kasar. Umbi tanaman berwarna putih, dengan permukaan umbi dipenuhi bintil-bintil. Tidak mengandung glukomanan seperti halnya porang. Meskipun tanaman porang memiliki ciri-ciri yang berbeda dari suweg seperti:

Leave a Reply

Your email address will not be published.