Membuat Surat Keterangan Gaji dan Manfaatnya

Membuat Surat Keterangan Gaji dan Manfaatnya

Sertifikat gaji adalah surat yang menunjukkan berapa banyak yang telah kamu peroleh selama bekerja untuk sebuah perusahaan. Dokumen ini diperlukan jika kamu ingin mengajukan kredit dengan perusahaan pembiayaan.

Itu tidak termasuk pendapatan bulanan yang kamu peroleh saat bekerja untuk sebuah perusahaan. Harap dicatat bahwa sertifikat gaji harus dikeluarkan dengan tanda tangan yang ditandatangani dari atasan, HRD atau perusahaan.

Setiap perusahaan penerbitan memiliki template sendiri, untuk memudahkan divisi HRD membuat setiap sertifikat jelas dan mudah dipahami. Sertifikat gaji juga dikenal dengan nama sertifikat penghasilan di tempat kerja. Mengapa?

Laporan laba rugi berisi lebih dari gaji pokok. Ada juga sumber pendapatan lain seperti lembur, bonus dan tunjangan makan. Ini disesuaikan dengan kebutuhan karyawan.

Manfaat menerbitkan Sertifikat Gaji

Sertifikat pendapatan dapat digunakan untuk berbagai tujuan dalam praktiknya.

1. Aplikasi Kredit

Surat yang menunjukkan penghasilan bulanan kamu merupakan syarat untuk dapat mengajukan kredit di sebuah perusahaan pembiayaan. Dokumen ini nantinya akan digunakan oleh perusahaan pembiayaan untuk memutuskan apakah pengajuan kredit kamu disetujui atau tidak.

2. Pembuatan Visa

Salah satu syarat administrasi yang harus kamu penuhi adalah melampirkan surat keterangan gajiKamu harus melampirkan sertifikat gaji saat mengajukan visa di kedutaan yang bersangkutan.

Surat keterangan penghasilan dari perusahaan tempat kamu bekerja dapat digunakan untuk mensponsori surat permohonan visa. Surat ini biasanya mencantumkan nama, jabatan, dan gaji kamu, jika diminta oleh kedutaan yang bersangkutan.

3. Melamar pekerjaan baru

Sertifikat penghasilan dari perusahaan kamu sebelumnya dapat dianggap sebagai hal yang positif atau negatif. Secara positif, perusahaan baru kamu mungkin ingin tahu berapa banyak penghasilan kamu untuk mempekerjakan kamu.

Sisi negatifnya adalah perusahaan mungkin tidak mau mempekerjakan kamu. Sebaliknya, mungkin hanya ingin mengetahui riwayat gaji kamu, yang, pada gilirannya, dapat membuat perusahaan menjadi pesaing.

4. Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Surat keterangan gaji yang kamu terima dapat digunakan untuk mengajukan pencairan JHT dari BPJSTK, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pencairan JHT tidak berlaku bagi yang sudah tidak bekerja. Orang yang aktif bekerja dapat menarik JHT.

Ini hanyalah beberapa dari banyak manfaat yang dapat kamu nikmati ketika kamu memiliki sertifikat penghasilan dari pekerjaan.

Cara mengajukan Sertifikat Penghasilan Pekerjaan

kamu dapat meminta dokumen yang merinci penghasilan kamu. Departemen SDM perusahaan kamu dapat membantu kamuKamu kemudian dapat mendiskusikan masalah tersebut dengan karyawan HRD yang bertanggung jawab untuk meminta laporan laba rugi.

kamu akan ditanya banyak pertanyaan selama proses aplikasi, seperti sertifikat apa yang kamu lamar. Misalnya, kamu dapat menjawab dengan jujur ‚Äč‚Äčtentang tujuan dari pernyataan gaji kamu, seperti untuk mengajukan pinjaman sepeda motor atau mobil.

Selanjutnya karyawan HRD akan segera menyiapkan pernyataan gaji mengikuti format dan template yang digunakan di perusahaan. Ini akan dikirim langsung ke manajer HRD untuk menerima stempel persetujuan atau tanda tangan dari manajer HRD.

Tidak sulit, bukan? Cara mengajukan sertifikat penghasilan. Jika kamu masih tidak yakin tentang formatnya, kamu dapat merujuk ke artikel ini untuk contoh sertifikat gaji untuk karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.