Manfaat Tanaman Pucuk Merah Untuk Kesehatan Dan Penyejuk Udara

Manfaat Tanaman Pucuk Merah Untuk Kesehatan Dan Penyejuk Udara

Jika kamu senang berkebun atau merawat tanaman, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan pucuk merah. Memiliki penampilan yang khas dan mempesona, merupakan tanaman hias yang sangat digemari oleh para pecinta tanaman.

Selain memberikan kesegaran di dalam rumah kamu, namun tanaman pucuk merah yang paling baik ditempatkan di area luar ternyata menawarkan berbagai macam manfaat yang akan kamu rasakan. Apa manfaat rebung?

Tunas merah (Syzygium Oleana) merupakan salah satu jenis tumbuhan dengan ciri khas daun berwarna merah yang terdapat pada setiap ranting daun yang berwarna hijau. Dari segi kekerabatan, jenis ini berkerabat dekat dengan jambu batu, jambu air dan salam.

Suhu yang beriklim tropis seperti Indonesia merupakan kondisi sempurna yang memungkinkan tanaman ini tumbuh subur. Pucuk merah dapat membesar hingga 30 sentimeter, dan tinggi 7 meter serta umur tanaman dapat melebihi puluhan tahun.

Tanaman dengan pucuk merah memiliki daun merah yang berbeda yang menunjukkan bahwa itu adalah daun muda yang masih tumbuh. Seiring bertambahnya usia pohon, daunnya akan berubah menjadi coklat dan kemudian hijau , sehingga menyatu dengan daun di bawahnya.

Sayangnya, penelitian tentang fitokimia yang terkandung dalam pucuk merah belum berhasil dengan baik. Variasi warna daun lebih dihargai karena estetikanya, oleh karena itu pucuk merah biasanya digunakan sebagai tanaman hias.

1. Membantu menghentikan perkembangbiakan sel kanker

Asam triterpenic dan betulinic yang ditemukan dalam ekstrak pucuk merah telah terbukti melawan sel kanker dan memperlambat pertumbuhannya, terutama mereka yang menderita kanker payudara. Namun, efek ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

2. Menambahkan Elemen Estetika ke Halaman

Dengan corak warna yang khas dan unik, pucuk merah tidak hanya dapat digunakan sebagai pagar, tetapi juga dapat digunakan untuk mempercantik rumah karena dapat dipotong menjadi berbagai bentuk untuk membuat mata terbelalak setiap kali menemukannya.

3. Mencegah penyakit bawaan makanan

Kandungan senyawa antimikroba dalam rebung terkenal dapat melindungi tubuh kamu dari keracunan makanan karena kontaminasi bakteri. Manfaat pucuk merah dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam tanaman ini dapat membunuh bakteri Salmonella serta E. Coli.

4. Penurunan kadar asam urat

Manfaat lain dari daun merah adalah mengurangi jumlah jumlah asam urat. Kandungan rebung merah sebanding dengan kandungan daun salam yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Salah satu kesamaan utama antara pucuk merah dan daun salam yang banyak dipercaya oleh para praktisi medis tradisional adalah penurunan kadar asam urat pada pasien kondisi ini.

5. Penyegar Udara

Seiring dengan tumbuhnya daun yang lebat dan pucuk merah juga merupakan sumber minyak atsiri, yang dapat diekstraksi dengan membuang daunnya. Minyak atsiri dari tanaman memiliki aroma khas dan khas yang dapat kamu manfaatkan untuk menciptakan pembersih udara yang menyegarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.