Manfaat Tanaman Porang

Banyak orang bergumul dengan tanaman porang. Umbi porang tidak hanya bermanfaat untuk bahan baku industri tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Pasar ekspor umbi porang antara lain Australia, Jepang, China dan Taiwan. Umbi porang yang dijadikan tepung di pasar ekspor memiliki nilai jual yang tinggi.

Tanaman ini termasuk jenis iles iles dan memiliki nilai ekspor yang tinggi. Ia juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Porang (Amorphophallus muelleri Blume, Amorphophallus ophyllus muelleri Blume), adalah umbi-umbian yang termasuk dalam famili Areaceae. Biasanya tumbuh di hutan.

Umbi porang bernilai ekonomis tinggi karena kandungan glukomanan yang tinggi, yang baik untuk kesehatan. Mereka juga dapat dengan mudah diolah menjadi industri makanan dan kosmetik.

Manfaat Tanaman Porang

Tinggi Serat Dan Cocok Untuk Diet

Tanaman porang merupakan alternatif pengganti tepung yang baik karena mengandung glukomanan yang tinggi. Glukomanan, polisakarida yang larut dalam air, adalah serat makanan.

Sebagai pengental alami, glukomanan berguna dalam pengolahan makanan. Karena serat alaminya, glukomanan dapat digunakan sebagai pengganti gelatin dan memperlambat laju pengosongan perut. Bahan ini baik untuk mereka yang sedang diet.

Menurunkan Kolesterol

Hasil penelitian yang melibatkan 22 pasien diabetes tipe 2 mengungkapkan bahwa suplementasi konyaku glukomanan efektif menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan kadar kolesterol total. gula.

REKOMENDASI:  Budidaya Tanaman Porang

Pasien diberi 3,6 gram konyaku-glukomanan setiap hari. Risiko terkena penyakit pembuluh darah seperti stroke dan penyakit jantung juga berkurang bila terjadi penurunan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam darah.

Hasil serupa juga terjadi. juga diamati pada uji tanaman porang konyaku-glucomannan pada tikus laboratorium. Kadar kolesterol tikus yang diberi makan tepung porang berserat tinggi juga turun.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Pada tahun 2001, penelitian menunjukkan bahwa glukomanan memiliki manfaat dalam mengurangi faktor risiko diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan resistensi insulin.

Glukomanan dapat meningkatkan kecepatan penyerapan nutrisi di usus halus. Hal ini meningkatkan sensitivitas insulin.

Studi lain menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi makanan kaya serat seperti tanaman porang dapat membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah mereka akibat penumpukan kolesterol.

Nilai glikemik objek penelitian juga dapat menurun setelah sarapan biasa dengan cookie glukomanan. Hal ini mengakibatkan kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

Mencegah Kanker

Studi pada hewan menunjukkan bahwa porang yang terbuat dari tepung konyaku memiliki kemampuan untuk mencegah kanker paru-paru. Porang ini memiliki sifat yang tidak hanya mencegah pertumbuhan zat prakanker dan kanker, tetapi juga melindunginya. Penelitian juga menunjukkan bahwa konyaku-glucomannan berpotensi untuk mengurangi tumor kanker.

Menurunkan Berat Badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa suplementasi glukomanan efektif dalam penurunan berat badan. Penelitian ini melibatkan 30 subjek obesitas yang diberi diet 1.200 kkal selama 60 hari dan glukomanan.

REKOMENDASI:  Tanaman Porang dan Harga Ekspor

Setelah empat bulan, tingkat obesitas pasien obesitas yang kelebihan berat badan atau memiliki kadar trigliserida yang tinggi mengalami penurunan yang nyata. Hal yang menarik dari penurunan berat badan adalah kandungan zat besi dan kalsium, tembaga, dan seng tidak berubah.

Mengatasi Sembelit

Porang mengandung glukomanan yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit kronis. Pasien dengan konstipasi kronis dapat melihat kembalinya buang air besar normal setelah menerima glukomanan selama sepuluh hari.

Campuran Untuk Industri

Untuk membuat kertas yang tahan lama dan kuat, kamu dapat mencampur konjak dengan bahan lain. Porang dapat digunakan untuk merekatkan kertas, cat, kapas, wol, dan kain kain. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk membuat semir kain dengan bahan yang lebih murah.

Dapat Diganti Dengan Gelatin

Tanaman porang menghasilkan serat seperti gelatin yang tidak berwarna. Mudah larut dalam air dan tidak berbau. Serat porang dapat dibuat menjadi jelly dengan cara ini.

Lem Ramah Lingkungan

Konjac adalah perekat yang bagus untuk tanaman. Lem tidak hanya baik untuk tanaman, tetapi juga sangat ramah lingkungan.

Pengental Es Krim

Konjac digunakan dalam masakan Jepang serta untuk tujuan lain. Konjak dapat digunakan dalam es krim agar tidak cepat meleleh sebagai pengental perekat atau sirup.

Bahan Makanan Jepang

Berikut adalah penjelasan tentang banyak manfaat tanaman porang dalam dunia kuliner. Tepung konjak dapat digunakan di Jepang untuk membuat mie shirataki dan konnyaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.