Manfaat Penghijauan di Kota dan Penjelasannya

Manfaat Penghijauan di Kota dan Penjelasannya

Kehidupan kota adalah tempat tinggal di mana orang menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Untuk memungkinkan orang menikmati hidup mereka, lingkungan harus senyaman mungkin.

Lingkungan yang menyenangkan dimungkinkan dengan rencana penghijauan kota. Dalam buku Urban Productive Landscapes karya Rofiqo Irwan dkk Penghijauan kota merupakan sarana penanaman vegetasi yang sejalan dengan fungsi kota untuk membangun sistem ekologi yang berkelanjutan.

Dalam novel Oases di Tengah Kota karya Yudha Pracastino Heston dan Dimas Hastama Nugraha. Ilustrasi tanaman yang ditanam sesuai dengan kebutuhan kota adalah menanam tanaman Asam Jawa di Kota Batavia pada zaman Daendels. Alasan memilih Posen Asem karena kayunya kuat dan akarnya kuat.

Tujuan penghijauan lanskap kota kamu adalah untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman, sehat dan menyenangkan secara visual dan ideal untuk ditinggali semua orang. Apa keuntungan dari penghijauan kota? Untuk mengetahuinya, baca ulasan di bawah ini.

Manfaat Penghijauan di Kota

Manfaat penghijauan di perkotaan adalah tanaman mampu mengubah CO2 (CO2) menjadi oksigen (O2). Ini adalah oksigen yang kita butuhkan untuk bernafas dan menghasilkan energi melalui proses metabolisme.

Oksigen dibuat oleh tanaman melalui fotosintesis, yang memanfaatkan karbon dioksida yang ada di udara, dengan bantuan sinar matahari. Proses ini menghasilkan gula (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Reboisasi sangat penting untuk memastikan bahwa pasokan udara murni serta oksigen cukup di kota-kota yang memiliki populasi besar. Pada akhirnya, kota akan menjadi sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

Pepohonan rindang hasil penghijauan kota dapat bermanfaat untuk memastikan setiap orang yang berada di luar ruangan tidak terkena sinar matahari langsung. Pengendara sepeda motor dan pejalan kaki juga bisa mencari perlindungan di bawah pohon-pohon ini.

Penghijauan kota juga membantu mengurangi efek dari pemanasan global. Dalam hal ini, karbon dioksida, yang merupakan salah satu gas rumah kaca yang menyerap panas dan menaikkan suhu atmosfer bumi.

Penghijauan di kota-kota dapat meningkatkan penyerapan air dan menurunkan risiko banjir dari curah hujan yang berlebihan. Dengan penghijauan, kota-kota yang rentan terhadap banjir dapat dipertahankan.

Dalam teks Organisasi Daerah Khusus Ibukota Jakarta oleh MS dkk, penghijauan hutan kota biasanya dilakukan di Dinas Pertamanan yang bertugas mengawasi dan membimbing proses penghijauan atau penanaman. Tapi, sebagai penduduk perkotaan, kita harus menanam tanaman hijau di dalam rumah kita sendiri, agar kota bisa lebih nyaman untuk ditinggali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.