Manfaat Fintech Bagi Kehidupan

Manfaat Fintech Bagi Kehidupan

Apakah kamu menggunakan fintech, atau layanan financial technology? Jika, misalnya, kamu pernah menggunakan dompet digital. itu tandanya kamu sudah memanfaatkannya, kan!

Banyak orang beralih ke fintech karena kemudahan penggunaannya. Tapi, ada kelebihan fintech yang tidak disebutkan di sini. Agar tidak penasaran, simak ulasan berikut tentang lima keuntungan fintech bagi kehidupan kamu.

1. Fintech membantu perbankan menyalurkan kredit ke UKM

Maraknya fintech, khususnya Peer-to-Peer (P2P) Lending, diyakini akan menantang eksistensi perbankan. Hal ini karena P2P Lending muncul sebagai alternatif bagi mereka yang mencari pinjaman tunai. Namun, bukan itu masalahnya, karena kamu akan melihat orang-orang!

Ketua Rapat Harian Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Kuseryansyah, menyatakan sejumlah besar UKM (Usaha Kecil Menengah dan Besar) sangat membutuhkan uang untuk dipinjamkan. Khususnya, jumlah kredit yang harus dibayarkan sebesar Rp 1.600 triliun. Sedangkan sumber dana dari perbankan hanya Rp 600 triliun.

Adanya P2P Fintech lending jelas menjadi jawaban atas persoalan ini. Bukannya saling menggosok bank dan fintech, mereka justru saling melengkapi.

2. Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Manfaat lain dari menggunakan teknologi untuk keuangan berkaitan dengan membuat lebih mudah bagi orang untuk mendapatkan bantuan keuangan. Dengan pembiayaan yang lebih baik, masyarakat dapat berpartisipasi dalam berbagai perdagangan, termasuk perdagangan dan pembelian.

Artinya, orang dapat menggunakan uangnya untuk berbagai keperluan, mulai dari memenuhi kebutuhan hidup hingga membantu aktivitas sehari-hari. Daya beli pasti dapat membantu meningkatkan kualitas hidup bagi yang memilikinya.

3. Fintech menawarkan cara yang lebih nyaman untuk mengakses layanan keuangan

Salah satu alasan utama munculnya teknologi keuangan dan khususnya pinjaman P2P, adalah untuk memberikan jawaban atas tantangan yang diakibatkan oleh sistem perbankan tradisional. Khususnya, kamu tidak perlu mengantri atau mengikuti proses yang rumit untuk mendapatkan dana menggunakan Fintech.

Hal ini karena sebagian besar layanan perusahaan dan layanan P2P Lending dapat dengan mudah diakses melalui smartphone. Fintech juga memberikan industri keuangan transparansi yang lebih dan tanpa suku bunga yang berlebihan.

4. Membantu dalam pengembangan startup

Fintech membantu pertumbuhan startup baru, kamu pernah mendengar. Contoh yang baik adalah perusahaan Moneythor yang berbasis di Singapura.

Perusahaan telah mengembangkan produk inovatif dan baru yang memberikan pengalaman perbankan digital yang lebih kepada nasabah, dengan analisis yang lebih mendalam. Keberadaan perusahaan ini jelas merupakan inspirasi bagi orang-orang yang ingin memulai bisnis rintisan yang inovatif di bidang yang berhubungan dengan teknologi keuangan.

5. Fintech juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bitcoin

Siapa sangka fintech bisa bermanfaat bagi pertumbuhan bitcoin. Jika kamu tidak terbiasa dengan bitcoin, ini adalah mata uang elektronik yang muncul sejak saat itu. Perannya hampir identik dengan sistem transaksi elektronik, namun tidak memerlukan perantara bank.

Bitcoin hanya dapat diperoleh secara digital, dan fintech dapat membantu mewujudkannya. Pada akhirnya, lebih dari 2,5 miliar orang memilih untuk menyimpan uang digital mereka dengan menggunakan solusi fintech.

Terbukti bahwa fintech atau teknologi keuangan dapat membawa banyak manfaat bagi dunia manusia, mulai dari meningkatkan kehidupan individu hingga membantu perluasan bitcoin. Semoga artikel ini bermanfaat dan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.