Manfaat Daun Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Otak dan Kesehatan Lainnya

Manfaat Daun Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan Otak dan Kesehatan Lainnya

Daun pegagan adalah tanaman herba yang dikenal luas karena berbagai manfaat untuk kulit. Selain itu ada banyak manfaat daun pegagan untuk meningkatkan kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan yang tidak boleh kamu abaikan.

Daun pegagan mampu membantu mengobati banyak penyakit dan gangguan kesehatan, termasuk perbaikan jaringan saraf akibat cedera pada sumsum tulang belakang atau penyakit neuromuskular, serta meningkatkan fungsi otak.

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Selain untuk kesehatan kulit, daun pegagan juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat daun kola yang harus diperhatikan

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Ekstrak pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada penderita stroke.

Sebuah penelitian ukuran kecil dari Universitas Gajah Mada (2016) meneliti efek pada tubuh ketika kamu mengkonsumsi 1.000 mg ekstrak pegagan, 750 miligram ekstrak pegagan, serta 3 mg asam folat setiap hari.

Kedua suplemen ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif. Namun ternyata manfaat daun pegagan dapat meningkatkan daya ingat pasien.

Namun, hasil ini perlu studi lebih lanjut. Konsultasikan dengan dokter kamu sebelum menggunakannya.

2. Mengatasi penyakit Alzheimer

Manfaat lain dari Kola adalah membantu mengatasi penyakit Alzheimer dengan meningkatkan daya ingat serta fungsi saraf.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 menemukan bahwa ekstrak daun kola mampu memperbaiki perilaku tikus yang menderita penyakit Alzheimer.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat daun pegagan dalam mengobati Alzheimer, khusus untuk manusia.

3. Menjaga fungsi otak

Daun pegagan mengandung antioksidan dan anti inflamasi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, termasuk otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi daun pegagan sebagai suplemen dapat membantu meningkatkan daya ingat dan membantu mencegah perkembangan demensia atau kepikunan.

4. Mengurangi kecemasan dan stres

Tanaman ini efisien dalam meningkatkan mood sehingga dapat digunakan untuk meredakan depresi, stres, dan kecemasan yang mungkin kamu alami.

Centella Asiatica sebagai bentuk suplemen oral antidepresan telah terbukti menurunkan kecemasan, stres, dan depresi.

Karena kelebihan tersebut daun pegagan sering dimanfaatkan untuk membantu mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia, yang sering dikaitkan dengan gangguan ini.

5. Digunakan sebagai antidepresan

Khasiat pegagan untuk meningkatkan fungsi otak adalah memiliki kemampuan sebagai antidepresan yang efektif.

Sebuah tinjauan penelitian dari tahun 2016 terhadap 33 orang yang menderita gangguan kecemasan umum menggemakan pernyataan tersebut.

Partisipan dalam penelitian tersebut diminta untuk mengkonsumsi daun pegagan sebagai pengganti obat antidepresan dalam jangka waktu 60 hari.

Responden juga mencatat penurunan stres, kecemasan dan depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.