Lebih Suka Tidur Dengan Lampu Menyala Atau Gelap?

Beberapa dari kamu mungkin lebih suka tidur dalam cahaya, sementara yang lain mungkin tidak bisa tidur kecuali jika ruangan benar-benar gelap. Jadi, apakah lebih baik mematikan lampu sebelum tidur daripada tidak? Tidur dalam gelap dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Paparan cahaya berperan penting dalam mengatur tidur dan jam sirkadian tubuh kamu.

Mengapa kamu harus mematikan lampu saat tidur?

Cahaya dapat berfungsi sebagai pengingat jam sirkadian tubuh kamu. Mengapa? Karena cahaya yang diterima oleh mata tidak hanya membantu mata melihat, tetapi juga dapat mengirim pesan ke tubuh yang menunjukkan periode yang tepat untuk tubuh.

Tugas sekunder mata termasuk merespons cahaya dan menyesuaikan jam sirkadian tubuh kamu. Cahaya merangsang aliran sel saraf dari mata ke bagian lain dari otak. Ini mengatur hormon, suhu tubuh, dan tindakan lain yang berkontribusi pada kantuk.

REKOMENDASI:  Tips Desain Kamar Tidur Agar Terlihat Bagus Dan Cantik

Ketika kamu mengekspos mata kamu ke cahaya antara jam pagi dan sore, itu menghalangi sel-sel saraf dan menekan pelepasan hormon melatonin yang membantu tidur.

Ini bisa jadi mengapa jam sirkadian tubuh kamu memberi sinyal bahwa sudah waktunya tidur di malam hari daripada di siang hari, ketika mata kamu terpapar banyak cahaya.

Karena otak kamu tidak yakin apakah itu siang atau malam saat kamu tidur dengan lampu menyala, itu mungkin tidak menciptakan hormon melatonin.

Terlalu banyak paparan cahaya tepat sebelum tidur juga dapat mencegah kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Oleh karena itu, sebaiknya matikan lampu sebelum tidur untuk mengirim sinyal ke tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Mengatur paparan cahaya kamu adalah teknik yang efisien untuk menjaga siklus sirkadian kamu tetap terkendali.

REKOMENDASI:  Enak Tidur Miring Kiri Atau Kanan ya?

Apa yang harus saya lakukan sebelum tidur?

kamu harus mematikan lampu di kamar kamu sebelum tidur. Selain itu, matikan semua peralatan listrik di kamar kamu, seperti televisi, komputer, laptop, atau telepon. Ini disebabkan oleh fakta bahwa peralatan teknologi ini memancarkan cahaya.

Jika kamar kamu memiliki jendela, tutuplah tirai jendela agar cahaya dari luar tidak masuk ke dalam kamar dan mengganggu tidur kamu. Kacamata tidur juga dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Jika kamu tidak bisa tidur dalam kegelapan total, ada baiknya menyalakan lampu yang lebih lembut.

Tubuh kamu dapat dikondisikan untuk tidur saat gelap, sehingga kamu dapat tidur lebih nyenyak. Selanjutnya, jika kamu terbangun di tengah malam, sebaiknya jangan menyalakan lampu karena dikhawatirkan akan menyebabkan kamu tidak bisa tidur lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.