Langkah Awal Yang Harus Dilakukan Dalam Sebuah Penyelidikan Ipa

Ilmuwan dapat menggunakan penelitian sains untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar mereka dan memecahkan masalah menggunakan logika dan pemikiran kritis. Peneliti harus menyadari metode ilmiah dalam prakteknya. Ini merupakan pendekatan sistematis dan terencana untuk memperoleh informasi yang dapat dipertanggungjawabkan secara utuh.

Buku Guru IPA Kelas VII yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan bahwa penyelidikan IPA adalah proses pengamatan. , menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Penjelasan lengkapnya ada di sini:

Langkah Awal Yang Harus Dilakukan Dalam Sebuah Penyelidikan Ipa

Temukan Masalah dan Tentukan Rumusan Masalah

Masalah dalam penelitian dapat diidentifikasi sebagai kesenjangan antara apa yang seharusnya dan apa yang ada dalam kenyataan. Rumusan masalah ditulis dalam bentuk kalimat tanya, jelas dan ringkas serta dapat digunakan sebagai dasar untuk merumuskan hipotesis dan judul penelitian.

Lakukan Pengamatan

Hal ini dapat dilakukan dengan cara survei kondisi di lapangan, melakukan studi kepustakaan, melalui wawancara dengan nara sumber atau pakar terkait. Dalam observasi sebaiknya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan masalah yang telah ditentukan.

Buat Hipotesis

Hipotesis dapat ditentukan berdasarkan rumusan masalah, dan variabel dalam penelitian adalah segala sesuatu yang ditentukan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentangnya, kemudian ditarik kesimpulan.

Hipotesis adalah jawaban atau dugaan sementara dari suatu penelitian, suatu asumsi yang mungkin benar atau tidak. Hipotesis akan terbukti benar dan salah setelah percobaan dilakukan dan data diperoleh.

Hipotesis dibagi menjadi dua, yaitu:

A. Hipotesis nol (Ho)

Merupakan hipotesis yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.

B. Hipotesis alternatif (Ha)

Merupakan hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat.

Melakukan Eksperimen / Penelitian

Eksperimen dilakukan dengan membuat desain eksperimen yang melibatkan variabel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol.

Variabel dalam penelitian ini meliputi:

variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau menyebabkan perubahan atau terjadinya variabel terikat.
Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang merupakan hasil dari variabel bebas.
variabel kontrol adalah variabel yang disamakan sehingga tidak mempengaruhi variabel bebas yang diuji.

Analisis Data

Hasil eksperimen berupa data, baik data kuantitatif maupun data kualitatif kemudian dianalisis untuk memperoleh kesimpulan yang nyata.

Buatlah Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data eksperimen bersifat umum sehingga dapat diterapkan dalam berbagai kemungkinan. Dari kesimpulan tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis yang telah dibuat sebelumnya benar atau salah.

Publikasikan Hasil Eksperimen

Ini dimaksudkan untuk digunakan oleh masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.