Keuntungan Investasi Surat Utang Negara

Keuntungan Investasi Surat Utang Negara

Surat Utang Negara (SUN) merupakan bukti bahwa pemerintah mempunyai kewajiban kepada investor untuk waktu yang telah disepakati. SUN memiliki tujuan penting di sektor publik, yaitu mendanai defisit APBN serta menutupi kekurangan kas jangka pendek dan mengelola portofolio utang negara. Pemerintah Indonesia mampu menjamin pembayaran pokok dan bunga Surat Utang Negara (SUN) sesuai dengan tanggal kadaluwarsanya.

Sejak tahun 2006, obligasi pemerintah tersedia untuk siapa saja, tidak hanya korporasi atau konglomerat melalui Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Cara berinvestasi di obligasi ini cukup mudah hanya dengan mengunjungi 18 bank dan enam perusahaan yang menawarkan sekuritas yang menjadi agen penjual ORI.

Apa keuntungan dari obligasi pemerintah? Mari kita simak alasan manfaat obligasi dari pemerintah di bawah ini:

Keuntungan Lebih Besar

Keuntungan dari obligasi yang diterbitkan pemerintah antara lain kupon dan potensi kenaikan harga (peningkatan modal). Kupon dan bunga merupakan imbalan yang diberikan kepada pembeli dan investor SUN. Kupon dihitung dalam hal proporsi pokok yang jatuh tempo dalam tahun tersebut.

Perbedaan utama antara berinvestasi dalam deposito adalah bahwa pertama dalam hal deposito hanya dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu dan kita bisa mendapatkan kupon setiap tiga bulan, atau pada tingkat yang lebih rendah.

REKOMENDASI:  Mitos Yang Umum Mengenai Investasi Bitcoin

Alasan kedua, sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2000, kupon ORI selalu lebih besar dari bunga deposito. Tahukah kamu bahwa kupon teratas yang pernah diterima ORI adalah 12,05% pada tahun 2006 ? Demikian pula, bunga deposito terendah 6,25 persen adalah ORI009 dibandingkan dengan bunga deposito tertinggi 6 persen. Besaran kupon akan berbeda-beda di setiap serinya, dan disesuaikan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia saat itu.

Dikurangi Pajak Setoran

Selain memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dari deposito dan deposito, pajak yang harus dibayar oleh SUN jauh lebih rendah daripada deposito. Ini adalah 15 persen. Pajak setoran dapat ditetapkan sebesar 20 persen. Secara alami, ini berarti obligasi pemerintah wajib untuk mulai berinvestasi.

Risiko Lebih Rendah

Karena SUN adalah instrumen pemerintah, situasinya lebih stabil. Kami umumnya lebih terlindungi dari kemungkinan perusahaan bangkrut dan tidak mendapatkan uang mereka kembali. Kecil kemungkinan SUN akan wanprestasi, namun jika terjadi, ada aset pemerintah yang dijadikan agunan. Jika kamu ingin mulai berinvestasi dalam obligasi, itu adalah pilihan yang baik untuk diuji.

Tidak Terpengaruh oleh Fluktuasi Pasar

REKOMENDASI:  Tips Investasi Emas Antam Untuk Pemula

Salah satu keuntungan berinvestasi pada Surat Utang Negara (SUN) adalah tidak terpengaruh oleh fluktuasi pasar. Sementara instrumen investasi lainnya dapat dibayarkan kepada investor berdasarkan volatilitas pasar, imbal hasil obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dibayarkan kepada investor secara tetap karena nilainya tidak akan bergantung pada fluktuasi pasar.

Dapat digadaikan

Salah satu keuntungan membeli Surat Utang Negara (SUN) adalah dapat digadaikan. SUN yang kamu miliki diyakini dapat digunakan untuk menggadaikan di pegadaian atau bahkan dijual ke pasar sekunder tanpa harus didasarkan pada jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, kamu dapat menghindari penalti dan dapat menggunakan aset kami sesuai kebutuhan.

Berkontribusi untuk kemajuan bangsa

Manfaat berinvestasi pada obligasi yang diterbitkan pemerintah adalah kita terlibat langsung dalam pembangunan bangsa yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat yang tinggal di sana. Sebagai hasil dari uang yang diinvestasikan, ada banyak kemajuan yang dilakukan untuk membantu negara. Ingin berinvestasi sekaligus mendukung pertumbuhan negara? Ini pasti sesuatu yang harus kamu coba!

Ada banyak keuntungan berinvestasi di obligasi pemerintah bukan? Jangan meremehkan opsi investasi ini, karena kamu dapat berinvestasi sekarang dan menuai keuntungan yang stabil dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.