Keuntungan Investasi di Reksa Dana Syariah

Keuntungan Investasi di Reksa Dana Syariah

Apakah kamu ingin berinvestasi di reksa dana yang sesuai dengan prinsip syariah? Jika demikian, jangan khawatir dan manfaatkan kenyamanan Reksa Dana Syariah dan produknya. Ini adalah pilihan yang baik bagi individu yang menyadari bahwa investasi tidak hanya berfokus pada keuntungan (return) dan berkah atau prinsip niat baik yang dibawanya.

Manfaat Reksa Dana Syariah Bagi Investor

Ada banyak manfaat reksa dana syariah yang bisa kamu manfaatkan sebagai investor. Ini termasuk:

1. Dijamin Halal Sampai Habis

Manfaat utama reksa dana yang sesuai syariah adalah memberikan jaminan kehalalan yang mutlak sampai transaksi selesai. Jika pengelola dana harus melakukan transaksi yang tidak sesuai syariah, maka ada proses pembersihan.

Cleansing mengacu pada tata cara pembersihan dana investasi dengan kegiatan amal. Prosedur tersebut harus diketahui oleh pemilik modal dan manajer investasi tanpa batasan informasi.

2. Diawasi oleh Dua Lembaga Sekaligus

Manfaat lain dari reksa dana syariah adalah keamanannya didukung oleh dua organisasi sekaligus yaitu OJK dan DPS. OJK bertugas melindungi investasi agar aman dari penipuan sedangkan DPS bertugas menjamin integritas investasi.

3. Persamaan Hak Antara Pemilik Modal dan Manajer Investasi

Reksa dana syariah mengandalkan konsep kolektivisme dalam profit and loss sharing. Ketika menguntungkan, pemilik modal sekaligus pengelola investasi akan menerima sebagian keuntungan sesuai dengan tingkat kemauan keduanya.

Demikian pula, ketika kerugian terjadi ketika kerugian terjadi, orang yang merupakan pemilik modal sekaligus pengelola investasi sama-sama bertanggung jawab jika terjadi kerugian. Manajer investasi perlu mengontrol instrumen investasi untuk mendapatkan kembali keuntungan, sedangkan pemilik modal harus mengawasinya.

4. Tersedia berbagai macam produk Reksa Dana Syariah

Ada empat jenis reksa dana yang bersifat konvensional yang meliputi reksa dana pasar tunai, saham pendapatan tetap, dan reksa dana multi. Selain itu, reksa dana versi syariah lebih beragam.

Misalnya, jenis yang mereka tawarkan misalnya reksa dana syariah termasuk reksa dana campuran serta reksa dana saham.

5. Memiliki Prospek Kapitalisasi Pasar yang Baik

Kapitalisasi pasar (market capitalization) dapat berakibat pada nilai jual (modal) dan pengembalian investasi.

Karena banyaknya jenis instrumen reksa dana syariah, manajer dapat menempatkan dananya di lokasi mana pun terlepas dari istilahnya.

Oleh karena itu dimungkinkan untuk memperoleh hasil investasi dari reksa dana jenis ini secara signifikan lebih tinggi.

6. Kinerja Reksa Dana Lebih Stabil

Selain mempengaruhi ukuran kapitalisasi pasar, keragaman reksa dana yang sesuai dengan syariah juga dapat berdampak positif pada hasil mereka di pasar. Reksa dana syariah dikenal memiliki kinerja yang lebih mantap dan keuntungan yang lebih tinggi. Oleh karena itu ideal untuk investor dengan profil moderat.

7. Terima Investor dari Agama Apapun

Meski namanya “syariah”, reksa dana ini akan menerima investor, namun tidak selektif. Siapapun yang tertarik dengan reksa dana ini bisa menjadi investor. Hukum dan sistem yang mengatur reksa dana syariah mungkin berbeda, tetapi keunggulan dan nilainya bisa luas dan berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.