Kesalahan Utama Kaum Muda Dalam Urusan Finansial

Kesalahan Utama Kaum Muda Dalam Urusan Finansial

Banyak anak muda yang tidak akrab dengan masalah keuangan. Karena mereka masih muda, mereka tidak berpikir untuk menghabiskan uang. Namun, ini bisa berubah menjadi tidak bisa memaafkan di kemudian hari.

Memahami masalah keuangan sangat penting untuk dipelajari sebagai seorang anak. Tentu, kamu tidak ingin menjadi tua ketika kamu sedang tertekan secara finansial dan hidup kamu tidak mudah, bukan? Berikut lima kesalahan yang dilakukan anak muda dalam mengatur keuangannya, bukan?

1. Memprioritaskan beban utang daripada menabung

Ada beragam aplikasi bayar nanti yang memudahkan kamu terjerat utang. Namun, efeknya uang yang kamu miliki akan terkuras karena kamu membayar kembali hutang secara berturut-turut. Bahkan jika kamu rela meminjam uang untuk membeli ponsel model terbaru. Bahkan jika yang kamu gunakan saat ini berfungsi dengan baik.

Jika kamu salah satu dari mereka, kemungkinan besar jumlah utang akan meningkat, dan kamu akan menyesalinya di kemudian hari. Coba renungkan, jika tidak punya utang, uang itu bisa digunakan untuk menyimpan uang yang kamu miliki.

2. Dana darurat nol besar

Dana untuk keadaan darurat sangat penting namun sering diabaikan. Sementara itu sangat berguna ketika terjadi peristiwa yang tidak terduga. Misalnya mungkin suatu hari kamu atau anggota keluarga kamu bisa jatuh sakit. Secara alami, kamu tidak akan khawatir tentang cara mendapatkan uang ketika dana darurat kamu ada.

Bersiaplah untuk membelanjakan gaji kamu seperti ini dan sisihkan beberapa dolar untuk kebutuhan dana darurat. Ini hanya masalah waktu dan jangan sampai menyusahkan orang lain di kemudian hari karena kamu tidak memiliki dana darurat. Jangan malas memikirkan masa depan!

3. Tunda untuk urusan investasi

Tidak peduli berapa tua atau muda investasi adalah aspek penting. Ketika kamu masih muda, kamu harus berinvestasi dalam kekayaan kamu untuk memastikan bahwa ketika kamu mencapai usia pensiun, kamu tidak perlu berusaha keras untuk menghasilkan uang. Simpan uang kamu untuk menabung sedikit untuk masa depan. Jangan khawatir tentang itu karena ini semua untuk kamu.

Khususnya, jika kamu memiliki penghasilan tambahan, daripada hanya membelanjakannya, kamu harus segera berinvestasi. Sisihkan sebagian kecil dari uang kamu jika sulit untuk menyisihkan uang. Sedikit keteraturan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

4. Bekerja di banyak tempat

Masa muda adalah waktu terbaik untuk aktif. Jadi, tidak heran jika anak muda bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus. Namun, banyak pekerjaan tidak memungkinkan kamu mengalokasikan uang dengan benar.

Pada kenyataannya memang benar tubuh menderita karena kelelahan akibat kerja tubuh yang berlebihan. Jika kamu menderita masalah ini, kamu bisa menyesalinya di masa depan. Terutama jika kamu tidak memiliki tabungan sedikit pun dan terus-menerus membeli barang tanpa biaya.

5. Nafsu adalah hal yang paling penting

Orang-orang muda umumnya menempatkan nilai tinggi pada nafsu mereka. Mereka percaya bahwa hidup ini hanya satu hari dan hanya mampu menghabiskannya untuk kesenangan yang boros. Jika sudah seperti ini maka kamu tidak akan pernah bisa menabung karena uang tersebut akan selalu digunakan untuk membeli barang yang tidak kamu butuhkan.

Ketika kamu masih muda, penting untuk menggunakan uang itu untuk menabung, sehingga ketika kamu mencapai masa pensiun, kebutuhan keuangan kamu akan mencukupi. Kemandirian finansial tidak mungkin jika kamu mulai merencanakan di masa sekarang.

Tidak ada yang salah dengan mulai mengelola uang secara efektif sejak usia muda. Jangan menjadi pembelanja dan membeli semua yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Mulailah membersihkan dan jangan lupa untuk menyelesaikan lima tugas yang tercantum di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.