Kenali 6 Ciri Tanaman Paku Yang Harus Anda Ketahui

Kenali 6 Ciri Tanaman Paku Yang Harus kamu Ketahui

kamu perlu mengetahui jenis-jenis tumbuhan paku dan gambarnya. Paku-pakuan atau disebut juga dengan tumbuhan paku-pakuan termasuk dalam kelompok tumbuhan Trachaeophyta atau tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan ini memiliki akar, batang, dan daun sebagai sistem pembuluhnya.

Batang tumbuhan paku disebut juga rimpang. Rimpang terletak di tanah. Berbeda dengan tumbuhan pada umumnya yang berkembang biak melalui biji, tumbuhan paku berkembang biak dengan cara melepaskan spora. Spora berada di dalam kotak spora atau sporangium. Sedangkan kumpulan sporangium berkumpul dalam sorus yang dilindungi oleh selaput yang disebut insidium.

Jenis-jenis tumbuhan paku dan gambarnya perlu diketahui untuk mengetahui fungsinya masing-masing. Jenis paku-pakuan yang sering dijumpai tumbuh liar di dinding atau talang. Namun ada juga tumbuhan paku yang dijadikan sebagai tanaman hias bahkan jenis tertentu dapat dikonsumsi.

REKOMENDASI:  Berikut 8 Macam-macam Janda Bolong Tanaman Hias

Ciri ciri tumbuhan paku

Sebelum mengenal jenis-jenis tumbuhan paku dan gambarnya, kamu perlu mengenali ciri-cirinya terlebih dahulu. Tumbuhan paku memiliki ciri khas tersendiri. Ciri-ciri tumbuhan paku dapat langsung dilihat melalui penampilannya. Berikut ciri-ciri tumbuhan paku :

  1. Memiliki sistem vaskular yang baik pada akar, batang, dan daun. Secara anatomis, tumbuhan paku sudah memiliki pembuluh pengangkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun untuk fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan.
  2. Pada umumnya tumbuhan paku dikenal karena daunnya tumbuh dari pucuk yang menggulung dan memiliki bulu-bulu halus.
  3. Tidak menghasilkan bunga dan buah, tetapi spora berkembang biak.
  4. Dapat berkembang biak secara vegetatif dengan pembentukan gemmae dan reproduksi seksual dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina.
  5. Paku dapat berupa pohon yang biasanya tidak bercabang, perdu, epifit, sulur, terapung di air, hidrofit, atau berupa herba dengan rimpang yang menyebar di tanah atau humus.
  6. Kebanyakan tumbuhan paku hidup di daerah tropis basah.
REKOMENDASI:  Inilah 5 Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published.