Kemampuan Digital Yang Harus Dimiliki Pelaku UMKM

Kemampuan Digital Yang Harus Dimiliki Pelaku UMKM

Di masa penyebaran COVID-19, banyak UMKM terpaksa menutup usahanya karena pemerintah melarang aktivitas mereka di luar rumah. Di lingkungan baru, pelaku UMKM harus bertahan dengan memperkenalkan ide-ide baru dan memanfaatkan sepenuhnya penjualan online. Misalnya, motivasi yang ditawarkan melalui Kominfo agar para pelaku UMKM memanfaatkan platform online.

Namun, sebelum memanfaatkan platform online, jelas para pelaku UMKM membutuhkan keterampilan yang memadai agar berjualan online berjalan efisien. Tapi apa keterampilan digital penting yang dibutuhkan?

1. Maksimalkan gadget yang kamu miliki

Di era teknologi digital sangat penting untuk menguasai penggunaan perangkat. Selain menawarkan kemudahan dalam melakukan berbagai hal, hal tersebut dinilai efektif. Jika kamu mampu mahir dalam penggunaan teknologi dan teknologi, maka proses digital marketing akan lancarKamu juga dapat menangani aspek lain menggunakan perangkat yang dapat meningkatkan penjualan, misalnya, mencari informasi yang relevan tentang produk kamu secara online, melalui pasar serta menggunakan perangkat lunak yang membantu dalam menelusuri kembali biaya dan pendapatan.

2. Teknik dasar fotografi

Masih banyak pelaku UMKM yang tidak menganggap serius masalah ini. Ternyata teknik fotografi dasar diperlukan untuk menangkap gambar barang yang kamu jual untuk diunggah ke internet. Foto produk yang dipajang di internet adalah nama penjualnya.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Tips Memulai Bisnis Waralaba Cocok Untuk Pemula

Oleh karena itu, kamu harus diajarkan teknik fotografi dasar sebelum membuat produk kamu, sehingga kamu dapat menarik pembeli potensial. Mereka juga akan dapat memahami pesan yang disampaikan oleh penjual melalui gambar yang diunggah ke website.

3. Pastikan untuk mengelola bisnis secara efektif

Setelah kamu mempelajari teknik fotografi kamu harus menjalankan bisnis kamu secara efektif untuk memastikan bahwa perusahaan kamu dapat berkembang dan terus berkembang. Dalam hal ini, pelaku UMKM akan bertransformasi ke digital dan tidak akan bisa lagi menggunakan cara tradisional, sehingga dalam hal pasar harus cepat dipahami.

kamu harus mengembangkan strategi bisnis terkini, seperti mengelola proses pemasaran, tren produk yang kamu tawarkan, dan masih banyak lagi. Jika kamu tidak yakin bagaimana mengelola perusahaan kamu, periksa perusahaan lain yang kamu pertimbangkan sebagai sainganKamu kemudian dapat mempelajari cara mengelola perusahaan kamu dan menerapkan pengetahuan ini untuk produk UMKM yang kamu tawarkan.

REKOMENDASI:  Bisnis Yang Banyak Digemari Anak Muda

4. Kemampuan membuat cerita yang menarik untuk menarik calon pembeli

Alasan untuk mendongeng adalah untuk mengomunikasikan nilai produk kamu dengan cara yang unik dan memastikan bahwa itu meninggalkan kesan di benak pelanggan. Keterampilan ini sangat penting saat berjualan online karena mempengaruhi antusiasme pembeli yang mungkin tertarik dengan barang yang dijual. Cerita adalah kunci bagian penting dari pemasaran produk. Jadi, penting untuk membuat cerita yang semenarik mungkin.

5. Pemasaran melalui digital

Pelaku UMKM yang beralih menjadi pelaku digital harus bisa sukses dalam pemasaran digital karena ini adalah unsur promosi. Bagi pelaku UMKM yang belum terjun ke dunia digital marketing bisa memanfaatkan jejaring sosial. Banyak orang saat ini yang mahir dengan media sosial, sehingga kamu dapat melakukan pemasaran digital dengan mudah. Beberapa jejaring sosial populer yang sering digunakan untuk berjualan antara lain Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook. Ada beberapa kemampuan mendasar yang dibutuhkan pelaku UMKM agar proses jual beli dapat berjalan dengan lancarKamu dapat memperoleh semua keterampilan yang disebutkan sebelumnya melalui internet, itulah yang kamu lakukan,

Leave a Reply

Your email address will not be published.