Kelola Gaji Salah Satunya Investasi Pasar Modal

Kelola Gaji, Salah Satunya Investasi Pasar Modal

Cek gaji pertama yang kamu terima karena usaha kamu selama sebulan penuh pasti memberi kamu rasa kegembiraan. Tapi, bagaimana cara yang paling efisien untuk mendistribusikan cek gaji pertama ini? Metode pertama untuk mengelola uang kamu adalah dengan membuatnya tersedia untuk memenuhi kebutuhan saat ini , dan kemudian mempersiapkan permintaan dalam waktu dekat. Berikut lima cara mudah mengatur gaji pertama kamu!

Tabungan untuk dana darurat

Tak sedikit pula yang menabung di setiap akhir bulan, dari sisa pendapatannya yang digunakan untuk menutupi berbagai pengeluaran. Sebenarnya, pendekatan ini membuat kamu merasa tidak termotivasi untuk menabung dan akan membuat tabungan kamu kurang ideal.

Jika kamu mendapatkan cek gaji pertama, langkah terpenting yang perlu kamu ambil adalah menyisihkan setidaknya 10% hingga 20% dari penghasilan kamu untuk menyisihkan cadangan darurat. Apa alasannya? Kita tidak tahu kapan bencana atau situasi darurat akan menimpa hidup kita. Saat kamu sudah mengumpulkan dana darurat sebesar 6 bulan, kamu tidak perlu khawatir berlebihan, misalnya saat terjadi krisis ekonomi atau PHK, sakit atau masalah lainnya.

Beri diri kamu hadiah

Melanjutkan paragraf sebelumnya dan menabung setelah kamu mendapatkan gaji pertama kamu sangat dianjurkan. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu ingin membeli produk pilihan kamu atau yang sudah ada dalam daftar belanja kamu selama bertahun-tahun. Pada akhirnya, kamu telah bekerja lama dan keras untuk mendapatkan gaji pertama kamu dan kamu mendapatkannya, bukan?

Mungkin kamu ingin membeli pakaian baru, sepatu, atau pergi ke restoran pilihan kamu bersama orang yang kamu cintai. Pastikan kamu memiliki anggaran yang ditetapkan untuk membeli hadiah untuk diri sendiri. Dengan cara ini, penghasilan awal kamu akan cukup untuk pengeluaran lainnya.

REKOMENDASI:  Investasi Menguntungkan Antara Deposito Dan Saham

Sisihkan uang secara instan untuk diinvestasikan

“Sudah menabung, tetapi apakah kamu perlu berinvestasi? Apakah kamu benar-benar membutuhkannya?” Ya! Menabung di bank tentunya akan semakin memudahkan kamu untuk mengaksesnya setiap saat dan memanfaatkannya untuk berbagai alasan, seperti menghimpun dana untuk keperluan darurat. Tapi, tabungan bank tidak akan menawarkan pengembalian yang tinggi karena tingkat bunga yang rendah.

Inilah sebabnya mengapa investasi pasar modal seperti saham, reksa dana dan obligasi dapat menguntungkan situasi keuangan kamu, terutama bagi mereka yang baru mendapatkan bayaran pertama kamu. Jika kamu seorang investor pemula dan memiliki profil risiko moderat, mereka harus mempertimbangkan investasi reksa dana berisiko rendah dan pengembalian rendah. Jika kamu mencari hasil yang lebih tinggi, kamu dapat mendiversifikasi portofolio kamu ke dalam opsi investasi saham dan obligasi juga. Jika itu reksa dana obligasi, saham, atau reksa dana masing-masing akan menghasilkan lebih dari bunga deposito.

Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi di reksa dana, obligasi, dan saham? kamu dapat berinvestasi dengan mudah melalui reksa dana dan obligasi dan saham dengan MOST, aplikasi Mandiri Sekuritas yang dapat membantu kamu dalam mengelola investasi kamu kapan saja dan dari mana saja!

REKOMENDASI:  Keuntungan Berinvestasi Di Reksadana

Berhati-hatilah untuk tidak tergiur oleh kesempatan untuk melakukan pembelian yang berlebihan

Berbelanja tidak apa-apa, namun itu harus dilakukan dengan menggunakan mentalitas “beli barang yang kamu butuhkan, belum tentu apa yang ingin kamu beli”Kamu dapat menghadiahi diri sendiri sesekali, namun jangan terlalu ke arah yang salah! Perlu diingat bahwa gaji pertama kamu harus dialokasikan untuk berbagai pengeluaran seperti mengurus biaya asrama, tagihan listrik, kuota internet, tunjangan makan, dan lainnya.

Hindari kebiasaan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya, daripada membeli kopi di kafe setiap pagi, lebih baik membuat kopi sendiri di rumahKamu juga dapat membawa pembuat kopi sendiri dari rumah untuk makan siang, bepergian dengan transportasi umum, dan menggunakan uang kembali untuk membeli kebutuhan pokok.

Pilih anggaran bulanan terbaik

Selama sebulan penuh kamu bekerja, kamu mengetahui pengeluaran apa saja yang rutin harus dibayar. Untuk melakukan ini, kamu telah membuat anggaran untuk bulan itu untuk merencanakan pendapatan kamu dengan lebih baik. Pada kenyataannya, tidak ada standar untuk menetapkan anggaran bulanan ini. Itu semua didasarkan pada gaji dan gaya hidup pribadi kamu.

Misalnya, kamu dapat menyisihkan 70% dari pendapatan untuk pengeluaran sehari-hari, seperti makanan, transportasi, dan tagihan lainnya. Sisanya 20% dapat dimasukkan ke dalam rekening tabungan dana darurat dan untuk membayar cicilan kartu kredit (jika jatuh tempo). Selain itu, kamu dapat memanfaatkan 10% dari pendapatan kamu untuk mendanai investasi di reksa dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.