Kamu Harus Tahu! Berikut 5 Kandungan Gizi Dalam Tanaman Wortel

Kamu Harus Tahu! Berikut 5 Kandungan Gizi Dalam Tanaman Wortel

Pernahkah kamu mendengar orang tua mengklaim bahwa kelinci memiliki mata jernih yang indah karena mereka memakan wortel? Wortel adalah sumber vitamin A yang bagus, yang sangat bagus untuk kesehatan mata kamu. Sayuran yang mirip dengan sup juga kaya akan serat. Yang pektin. Pektin adalah serat larut yang membantu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan pati dan gula.

Selain itu, serat tidak larut adalah sumber makanan sehat bagi bakteri yang berada di usus, memastikan kesehatan usus tetap terjaga sementara tubuh manusia terlindungi dari penyakit. Beberapa jenis serat larut selain pektin menghambat penyerapan kolesterol melalui saluran pencernaan. Serat ini membantu menurunkan kolesterol darah.

Selain itu, serat tidak larut yang terdapat pada wortel adalah hemiselulosa, selulosa, dan lignin. Serat tidak larut ini dapat menurunkan risiko sembelit dan membantu meningkatkan aliran usus. Selain serat, wortel apa lagi yang bermanfaat bagi tubuh?

Kandungan Gizi dalam Wortel

1. Mineral

Wortel juga mengandung mineral seperti natrium kalsium dan kalium. Mereka juga mengandung fosfor, natrium mangan dan magnesium, tembaga, dan besi. Mereka bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu yang membutuhkannya. Seperti halnya potasium yang berperan penting dalam mengontrol fungsi jantung dan tekanan darah.

2. Beta Karoten

Wortel berwarna oranye terang karena mengandung beta karoten yang merupakan bahan utama dalam menciptakan vitamin A di dalam tubuh. Beta karoten yang ditemukan dalam tubuh kamu akan berubah menjadi vitamin A, yang memiliki banyak manfaat lainnya. Satu porsi 1000 gram wortel, kamu dapat menemukan 8,285 mg beta karoten, dan 16706IU vitamin A.

3. Serat, Air, dan Lainnya

Sayuran wortel mengandung air dan serat, yang keduanya sangat bermanfaat untuk pencernaan dan metabolisme kamu. Ada juga nutrisi lain yang hadir, termasuk karbohidrat, protein dan lemak tak jenuh ganda, kalori dan gula. Oleh karena itu, sudah saatnya menambahkan wortel ke dalam makanan kamu karena wortel menawarkan sejumlah manfaat positif, asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

4. Vitamin

Jika kamu makan wortel secara teratur akan membantu kamu memenuhi kebutuhan vitamin kamu, seperti Vitamin C. Wortel memasok sekitar 9 persen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan harian kamu untuk menghilangkan banyak penyakit serta radikal bebas. Selain itu, ia memiliki vitamin B kompleks, seperti vitamin B6 atau piridoksin, asam pantotenat, asam folat, thiamin, dan banyak lagi.

5. Antioksidan

Selain itu, wortel mengandung sejumlah besar antioksidan. Ini termasuk falcarinol dan polyacetylene. Mereka juga penting untuk melindungi tubuh yang sehat dari penyakit mematikan seperti kanker. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Newcastle University of Newcastle menemukan bahwa antioksidan falcarinol dapat menghilangkan sel-sel kanker, serta sel-sel prakanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published.