Jenis Tanaman yang Bisa Di Cangkok dan Bisa Kamu Coba Sendiri

Jenis Tanaman yang Bisa Di Cangkok dan Bisa Kamu Coba Sendiri

Di sebuah taman atau pekarangan biasanya terdapat pohon-pohon yang menghasilkan buah-buahan. Pohon-pohon yang menghasilkan buah dipilih karena memberikan udara sejuk serta menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi oleh pemiliknya. Setiap orang menginginkan pohon apel yang menghasilkan buah dengan cepat dan sering.

Apa pilihan lain yang biasanya dilakukan orang untuk memastikan tanaman mereka akan menghasilkan buah dengan cepat dan sering? Salah satu caranya adalah dengan mencangkok. Okulasi adalah metode pemuliaan yang memungkinkan terciptanya benih baru yang dapat ditransplantasikan atau ditanam di tempat lain.

Tanaman yang dapat ditransplantasikan adalah tanaman dikotil. Lantas apa saja tanaman yang bisa dicangkok dan kaya manfaat? Kami telah membuat daftar beberapa tanaman yang paling berguna dan dapat ditransplantasikan di bawah ini.

1. Bougenville

Menanam bunga bougenville tidak berbeda dengan menanam mawar atau bunga lainnya. Bunga yang biasa disebut bunga kertas ini tidak mudah berdiri tegak. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memilih dengan cermat bunga yang akan ditransplantasikan.

Jika sudah tumbuh dan sekarang sedikit lebih tinggi, ia sangat menikmati paparan sinar matahari. Oleh karena itu, harus ditempatkan di lokasi yang mendapat cukup sinar matahari. Pastikan untuk membuatnya tetap terhidrasi dan berikan dia makanan bergizi.

2. Kamboja (Adenium)

Bunga kamboja biasanya ditemukan di taman terbuka atau di pot yang diletakkan di depan rumah kamu. Bunga-bunga cantik dengan aroma khas akan membuat penggemar bangkit. Jika kamu sudah memiliki kamboja di rumah kamu, tidak perlu membeli bunga yang sama. Lakukan cangkok, dan hasil cangkok sama dengan induknya.

Jika kamu berencana untuk mencangkok kamboja kamu, pastikan kamu memilih batang yang sehat dan tua. Jika batang tampak halus, keras dan bening serta memiliki diameter lebih besar dari 3 sentimeter, kamu dapat melakukan cangkok di daerah tersebut.

3. Bunga kamelia

Tanaman hias Camellia juga dapat diperbanyak melalui transplantasi. Batang kambium mampu memungkinkan pencangkokan kulit serta menumbuhkan akar pada batang.

4. Penyihir tua

Ini adalah tanaman tahunan yang dapat tumbuh hingga ketinggian rata-rata tiga atau 7,6 meter. Tanaman dapat tumbuh pada 12 meter. Cambium adalah batang, dan memiliki empat kelopak untuk biji, yang membuat witch hazel menjadi ciri khas tanaman yang dapat ditransplantasikan.

Berhati-hatilah saat mencangkok bagian dengan batang pendek karena rentan terkena jaringan dalam saat kamu menguliti kambium.

5. Aglaonema

Meski bukan tanaman berbunga, namun ciri utamanya tanaman aglaonema merupakan tanaman hias yang memiliki daun cantik yang bisa dicangkok.

Saat kamu merawat, siram Aglaonema sesering mungkin dan jangan biarkan terlalu lama. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

Itulah daftar tanaman berbunga dan juga tanaman hias yang bisa dipindahtangankan. Untuk membantu menyebarkan bunga, transplantasi tanaman hias kamu di halaman belakang kamu sendiri dan kemudian perbanyak tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.