Jenis-Jenis Tanaman Serealia yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Tanaman Serealia yang Harus Kamu Ketahui

Sereal juga disebut sebagai biji atau sereal adalah spesies tanaman yang berasal dari rumput orang. Mereka digunakan sebagai benih atau untuk menyediakan karbohidrat. Ada berbagai sereal yang merupakan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk. Sereal yang sebagian besar dari suku biji-bijian termasuk gandum, jagung beras, sorgum barley dan haver, gandum durum dan gandum hitam hanyalah beberapa contoh yang merupakan bagian dari sereal utama. Ada anggota lain dari sereal semu, seperti biji burung beo, quina, dan soba, dan ada sereal yang digunakan untuk memberi makan burung yang berkicau seperti berbagai varietas jelai dan millet.

Dalam alamnya yang belum diproses, alami, dan dalam bentuk biji-bijian, sereal merupakan sumber mineral, vitamin, minyak, lemak, karbohidrat, dan protein yang sangat baik.

Sereal apa yang dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia? Berikut jawaban yang diberikan tim Agrozine.id dari Food and Agriculture Organization of the United Nations:

1. Padi

Oryza sativa, biasa disebut beras adalah tanaman serealia yang dapat dimakan yang telah menjadi makanan pokok di banyak negara tropis termasuk Indonesia. Padi merupakan bagian dari famili biji-bijian (Poaceae) dan memiliki akar berserat, batang kecil, bentuk daun sejajar yang berwarna hijau tua dan muda. Bunga ditempatkan dalam satu kompleks. Jenis buahnya adalah kariopsis, yang tidak dapat membedakan antara buah dan biji (butir) serta bentuk buahnya disebut kariopsis. Mereka berbentuk oval, dengan ukuran 3mm sampai 15mm, dan ditutupi dengan sekam, lemma dan palea. Tanaman padi merupakan tanaman semusim dan hasil akhir dari pengolahan beras adalah beras. Itu dibuat menjadi nasi untuk dimakan untuk menyediakan karbohidrat.

REKOMENDASI:  4 Masalah yang Bisa Mengakibatkan Tanaman Aglonema Mati

2. Jagung

Ini adalah salah satu tanaman sereal yang dibudidayakan secara luas di seluruh dunia. Selain dimakan dalam berbagai cara sebagai bahan makanan di beberapa negara, sering digunakan sebagai pakan ternak atau sebagai bahan makanan lainnya.

3. Gandum Durum

Gandum durum juga disebut sebagai gandum pasta, atau gandum Macaroni adalah varietas gandum tetraploid. Jenis gandum yang paling banyak dibudidayakan yang memiliki karakteristik morfologi mirip dengan gandum biasa, meskipun hanya menyumbang 5 hingga 8 persen dari produksi gandum global.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Manfaat Tanaman Serai Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Ini diproduksi secara komersial untuk pasta kering, juga dikenal sebagai pasta secca. Itu hampir seluruhnya terbuat dari durum semolina. Sebagian besar pasta buatan sendiri (pasta fresca) seperti orecchiette dan tagliatelle menggunakan gandum durum, atau campuran gandum keras dan lunak.

4. Quinoa

Chenopodium juga dikenal sebagai quinoa. Ini adalah sereal yang digunakan untuk nilai gizi karena tingkat tinggi karbohidrat dan protein. Quinoa adalah pilihan makanan paling umum bagi mereka yang merupakan orang India yang tinggal di Pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Tahun 2008 adalah yang paling produktif untuk produksi quinoa. Bolivia serta Peru menghasilkan 92 persen produksi quinoa global, kemudian Ekuador dan Argentina, Amerika Serikat, Argentina dan Kanada.

5. Sorgum

Sorgum spp. juga dikenal sebagai sorgum adalah tanaman sereal multi-faceted yang banyak digunakan sebagai makanan pokok dan bahan baku industri serta pakan ternak. Sorgum adalah makanan yang paling umum dikonsumsi di seluruh Asia Selatan dan Afrika sub-Sahara. Di Indonesia tanaman sorgum sudah mulai dibudidayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.