Jenis-Jenis Tanaman Paku

Jenis-Jenis Tanaman Paku

Mengetahui karakteristik tanaman paku hanya setengah dari pertempuran. Penting juga untuk mengenali jenis dan gambar tumbuhan paku. Ada beberapa kelompok yang meliputi jenis-jenis tumbuhan paku dan gambarnya.

Berdasarkan ukurannya, ada dua jenis tanaman paku: mikrofil, yang memiliki daun kecil tanpa tulang atau batang; dan macrophile, yang memiliki daun besar.

Tanaman paku mikrofil

Ada beberapa jenis tumbuhan paku, dan gambarnya. Yang pertama adalah mikrofil. Paku daun mikrofil memiliki daun yang sangat kecil. Tanaman paku daun mikrofil ini unik karena tidak memiliki tulang di struktur daunnya. Mereka juga memiliki bentuk daun seperti sisik dan rambut. Struktur daun tidak memiliki tangkai.

Tanaman paku Makrofilik

Makrofil adalah tumbuhan paku yang memiliki dua daun atau lebih. Tanaman paku daun makrofil memiliki daun besar. Tanaman paku ini memiliki daun besar, bentuk daun besar, urat daun dan daun bercabang.

Menurut fungsinya, tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi tropofil dan sporofil. Tropofil adalah tumbuhan paku yang tidak menghasilkan spora.

Tanaman paku sporofil

Jenis tumbuhan paku dan gambarnya berdasarkan fungsi awalnya disebut sporofil. Daun tanaman paku sporofil adalah daun penghasil spora. Mereka disimpan dalam sporangium, yang merupakan wadah spora.

Kumpulan sporangium ini (disebut sorus), biasanya ditemukan di bagian bawah daun sporofil. Mereka biasanya bintik-bintik coklat kekuningan atau coklat kehitaman. Indisium dilindungi oleh selaput tipis.

Tanaman paku Tropofilik

Tropophiles adalah sekelompok jenis tumbuhan paku yang memiliki foto berdasarkan fungsinya selanjutnya. Daun tropofil, misalnya, adalah tanaman paku yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis (proses pembuatan makanan).

Daun tumbuhan ini dirancang untuk menyerap air melalui stomata, sehingga fotosintesis dapat berlangsung dengan sempurna.

Menurut jenis spora yang dihasilkan tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi tiga jenis :

Tanaman paku Homospora

Paku ini membuat satu jenis spora, dengan ukuran dan bentuk yang sama. Tanaman paku bersuku kata satu yang homospora juga bisa disebut bersuku kata satu. Hal ini karena spora tumbuh menjadi prothallium dan membentuk archegonia dan antheridia.

Tanaman paku heterospora

Paku yang menghasilkan dua jenis spora. Tanaman paku bipedal juga disebut heterosporous juga dikenal. Makrospora pembentuk arkegonium makroprotalium akan terbentuk dari spora besar dan makrospora betina. Mikroprotalium akan terbentuk dari spora kecil dan mikrospora jantan.

Tanaman paku Transisi

Ada tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan ukuran yang sama dengan alat kelaminnya, tetapi jenis sporanya berbeda. Prothallium, yang dapat membentuk salah satu alat kelamin dari spora, dapat dibentuk. Dua rumah membentuk paku transisi.

Tanaman paku dapat digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman paku hias dapat ditanam di dalam pot atau ditanam di pekaranganKamu bisa menggunakan paku hias untuk dekorasi akuarium, seperti kadakas, Drynarias, Suplir Andiantum, Drynarias, Suplir Adiantum dan tanduk rusa.

Banyak jenis Paku yang bisa menjadi sayuran yang bisa dimakan. Ini termasuk Paku sayur, Diplazium esculentum dan kadaka di Taiwan. Cyathea dikonsumsi oleh suku Maori di Selandia Baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.