Jenis-Jenis Tanaman Buah Mangga yang Sangat Segar Dan Enak

Jenis-Jenis Tanaman Buah Mangga yang Sangat Segar Dan Enak

Fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan keanekaragaman hayati. Salah satu yang paling kaya adalah buah yang memiliki banyak vitamin. Salah satu buah yang kaya akan vitamin dan banyak tumbuh di Indonesia adalah mangga.

Rasa yang menyegarkan dan manis inilah yang membuat mangga begitu digandrungi oleh masyarakat. Banyak yang menyebutnya sebagai King Of The Fruits atau raja buah.

Ada berbagai macam mangga yang bisa kamu cicipi di Indonesia. Berikut delapan varietas mangga asal Indonesia yang enak dan menyegarkan yang dikumpulkan merdeka.com dari berbagai sumber.

1. Madu Mangga

Sekilas terlihat sangat mirip dengan mangga gadung, hanya saja seluruh kulitnya berwarna kuning cerah setelah matang. Namanya sendiri menyiratkan bahwa mangga madu memiliki rasa manis yang mirip dengan madu, meski dagingnya tetap berwarna putih.

Mangga varietas ini ukurannya hampir sama dengan mangga Manalagi. Mangga madu tidak hanya ditemukan di Indonesia tetapi ada varietas dari luar negeri, seperti dari India, Thailand, Hawaii, Florida dan Afrika Selatan.

2. Mangga Manalagi

Jenis mangga yang paling manis dan menyegarkan adalah mandarin manalagi dari Jawa Timur, lebih tepatnya dari daerah Probolinggo. Buah mangga manalagi cenderung berukuran kecil atau sedang, dengan kulit luar yang memanjang dan berwarna hijau.

Mangga manalagi memiliki daging yang tebal dan padat, dengan rasa yang sangat manis. Tak heran jika mangga Manalagi disukai semua orang.

Jenis mangga yang tersedia merupakan pilihan yang baik untuk ditanam di dataran rendah. Dapat tumbuh pada ketinggian rata-rata 300m di atas permukaan laut, dan curah hujan tahunan rata-rata 700-250 mm per tahun.

3. Mangga Arumanis

Mangga gadung, juga dikenal sebagai arumanis, dapat digambarkan sebagai salah satu varietas mangga yang menyegarkan dan manis yang ditemukan di Indonesia yang berasal dari Probolinggo. Bentuk buah mangga ini lonjong. bentuknya dan bisa lebih meruncing.

Ini memiliki aroma yang menyenangkan dan rasa manis seperti namanya. Kulit mangga arumanis berwarna hijau tua dengan tekstur daging yang lembut dan kokoh. Tak heran jika banyak yang terobsesi untuk memakan buah tersebut.

4. Mangga Gedong Gincu

Mangga jenis ini paling banyak ditanam di daerah seperti Majalengka dan Cirebon. Mangga Gedong Gincu berukuran kecil dan memiliki bentuk yang seukuran buah apel. Mangga gedong dikenal sebagai gincu. Konon pada zaman Belanda buah ini dikonsumsi oleh para bangsawan yang tinggal di rumah-rumah yang disebut gedong (dinding beton).

Mangga gincu gedong dicirikan oleh kulit indah yang berseri-seri, termasuk merah, kuning dan hijau itulah sebabnya buah ini dikenal sebagai Mangga Gincu. Jika kamu ingin memakan buah Gincu, pilih yang memiliki kulit merah di dekat pangkalnya saat matang.

Selain daging buahnya yang lezat, rasanya juga menyegarkan dan memiliki aroma yang khas.

5. Mangga Alpukat

Sebagian besar orang mengira bahwa buah mangga jenis ini berbentuk buah alpukat. Mangga yang disebut sebagai alpukat ini diyakini merupakan hasil persilangan antara mangga gadung dan mangga madu.

Alpukat mangga berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Ini khas karena cara terbaik untuk memakan mangga adalah dengan memotong mangga menjadi dua, lalu memakannya dengan sendok. Seperti kamu makan alpukat.

6. Mangga Cengkir Indramayu

Indramayu Jawa Barat diyakini terkenal karena berbagai varietas mangga yang menjadi unggulan di antaranya bernama mangga Indramayu Cengkir, yang biasa dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Pelem Cengkir.

Mangga dari varietas ini terkenal karena karakteristik buahnya yang berukuran sangat besar dengan serat buah yang berbeda. Penampilan luarnya mirip dengan mangga arumanis, yang bentuknya bulat. Mangga Cengkir memiliki kulit yang lebih tebal, sehingga lebih tahan terhadap luka dan akan bertahan lebih lama.

7. Golek Mangga

Nama minuman unik ini berasal dari kata golek dalam bahasa Jawa yang berarti mencari. Dalam arti, setelah mencicipinya, orang akan mencarinya lagi dan lagi. Mangga golek berasal dari daerah seperti Probolinggo dan Pasuruan.

Bentuknya tampak sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Pada kulitnya terdapat bintik-bintik putih kehijauan yang berubah menjadi coklat ketika mangga sudah matang.

Ketika sudah matang, daging buahnya lunak dan halus dan biasanya berwarna oranye. Saat dipotong, tidak mengeluarkan banyak ons ​​air. Jika terlalu tua, maka jumlah airnya akan naik dan rasanya akan mirip dengan pepaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.