Investasi Properti Menguntungkan Yang Patut Kamu Coba

Investasi Properti Menguntungkan Yang Patut Kamu Coba

Kita semua tahu bahwa investasi properti sangat populer di kalangan penduduk Indonesia. Karena harga properti selalu naik, dan permintaan properti selalu ada. Jenis investasi ini memiliki berbagai pilihan, termasuk tanah, rumah dan apartemen.

Beragamnya promosi menarik yang digunakan bank dalam menawarkan kredit untuk semua jenis investasi properti membuat industri properti berkembang pesat. Banyak bank bersaing dalam memberikan kredit kepada pengembang dan pembeli properti.

1. Rumah Sewa

Jenis investasi properti lain yang menjanjikan pendapatan pasif adalah rumah sewa. Menyewa rumah merupakan kebutuhan bagi keluarga yang tidak mampu untuk membeli rumah, atau untuk sementara tinggal di kota atau daerah.

Seperti halnya rumah kos dan rumah kost, rumah sewaan harus dijaga dalam kondisi yang baik dan dipelihara sedemikian rupa sehingga dapat disewakan dengan mudah. Konsep investasi rumah sewa mirip dengan investasi emas atau logam mulia karena semakin lama harga rumah akan naik, seperti halnya harga emas yang cenderung naik terus. Karena itu, peluang investasi logam dan emas mulai tersedia di platform investasi yang online.

2. Kost

Permintaan rumah kos sangat tinggi, terutama di kota-kota. Banyaknya karyawan yang membutuhkan ruang untuk tetap dekat dengan pekerjaan mereka adalah alasan yang paling penting. Rumah kos dapat berfungsi sebagai bentuk investasi yang sangat menguntungkan di bidang real estat jika ditangani dengan benar.

Investasi properti berbeda dengan investasi reksa dana. Karena investasi properti adalah produk yang berwujud, sedangkan reksa dana dan saham hanya tersedia dalam bentuk kertas atau software. Rumah kos harus dipelihara secara fisik dan dikelola dengan baik untuk menghasilkan pendapatan bagi pemiliknya.

3. Ruko

Ruko adalah jenis investasi properti yang berbeda yang diharapkan dapat menghasilkan keuntungan, karena tidak hanya tersedia untuk disewakan, toko-toko ini juga dapat ditemukan dan harganya cenderung meningkat setiap tahun.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, permintaan sewa ruko turun drastis. Jadi, kita perlu cara untuk mengontrol investasi di era Covid-19 dan itu termasuk menggunakan ruko kita.

Triknya di sini, misalnya toko yang biasanya disewakan untuk ruang kantor bisa dimanfaatkan sebagai tempat kost. Juga, sewa yang biasanya empat lantai, bisa disewa satu lantai untuk setiap bisnis. Pendekatan lain adalah dengan menciptakan jenis food court yang di dalamnya terdapat berbagai restoran atau kantin yang menawarkan makanan produk mereka.

4. Apartemen

Mahalnya harga rumah berbasis lahan dan terbatasnya ruang menjadikan apartemen sebagai investasi properti yang menarik. Apartemen banyak dicari oleh keluarga dengan anak kecil dan generasi Y karena lebih murah dari rumah dan memiliki banyak fasilitas seperti gym, kolam renang dan lapangan basket, tenis dan banyak lagi.

Jadi, membeli apartemen merupakan pilihan yang sangat baik. Temukan apartemen yang berada di tempat strategis, developer ternama, dan fasilitas lengkap. Tujuannya agar semudah mungkin menyewa untuk bulanan, mingguan, harian atau bahkan tahunan.

Untuk memastikan bahwa kamu dapat membuat investasi di rumah kamu berkembang, jangan hanya memikirkan operasi atau pemasaran. Juga pertimbangkan bagaimana kamu dapat menjaga pembukuan kamu teratur dan rapi. Untuk memudahkan pembukuan, kamu dapat menggunakan software akuntansi berbasis cloud karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

5. Tanah

Investasi di tanah dicari oleh banyak orang di masa lalu. Jenis investasi properti ini populer karena fakta bahwa kenaikan harga jauh lebih rendah daripada tingkat inflasi. Harga tanah meningkat pesat terutama di kota-kota dengan populasi besar.

Jika kamu punya lebih banyak uang, investasikan di tanah. Pilih lokasi yang strategis atau berpotensi menjadi kawasan padat penduduk dalam waktu dekat. Selain harga tanah yang terus meningkat, juga dapat disewakan kepada mereka yang membutuhkan tanah untuk usaha mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.