Inilah Tips Menanam Tanaman Janda Bolong Dengan Benar!

Inilah Tips Menanam Tanaman Janda Bolong Dengan Benar!

Tanaman hias Janda Bolong merupakan tanaman hias yang sedang populer saat ini. Tanaman ini merupakan bagian dari Genus Monstera. Apa yang bisa kamu lakukan untuk merawat Janda Bolong atau Monstera?

Menurut The CRC World Dictionary of Plant Names, Monstera sendiri termasuk dalam famili tumbuhan Araceae, yang paling banyak ditemukan di Amerika tropis. Dikatakan bahwa ada lebih dari 45 jenis Monstera dalam keluarga tumbuhan Araceae. Nama Monstera mengacu pada bentuk daun yang tidak biasa atau unik.

Bagaimana cara mengelola jendela berlubang untuk mereka yang baru mengenal lapangan?

1. Perhatikan tanah, atau media tanamnya

Di masa lalu, kamu harus memahami bahwa tanaman bolong janda adalah tanaman merambat, dan untuk itu kamu membutuhkan tanah yang tepat. Tanah yang baik dapat membantunya tumbuh subur, indah, dan kuat.

Tanah atau penanam terbaik untuk tanaman dengan perforasi janda adalah tanah yang tidak dipadatkan. Ini memastikan bahwa akar janda mudah tumbuh dan menyediakan oksigen. Tanahnya sejauh mungkin, bukan hanya tanah biasa tetapi perlit dan tanah gambut dengan perbandingan 1:1.

Pilih pot yang dibor dengan lubang dan drainase besar untuk mempertahankan kelembaban tanah tanpa membuat tanah lebih tergenang air.

2. Tanaman disiram secara teratur pada pagi dan sore hari

Siram tanaman dengan cara dilubangi setiap hari, minimal dua kali baik pagi maupun sore hari. Jangan lakukan ini di tengah hari Bela karena bisa mempengaruhi fotosintesisnya. Tidak perlu menyiram dengan terlalu sedikit atau berlebihan.

Periksa genangan air karena ini dapat menyebabkan akar membusukKamu juga bisa memanfaatkan air bekas cucian beras untuk menyiramnya karena kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tanaman.

3. Pemupukan setelah 6 bulan

Selain air, pupuk juga penting untuk tanaman dengan janda bolongKamu dapat menerapkannya setelah enam bulan pertumbuhan tanaman di media tanam untuk memasok nutrisi. Pemberian pupuk biasanya dilakukan pada saat awal tanam (pupuk dasar) dan juga saat tanaman tumbuh (pupuk lanjutan).

Dimungkinkan untuk menggunakan pupuk organik dalam bentuk kompos atau cairan yang tersedia di rumah kamu. Jika kamu memupuk tanaman kamu, mereka sehat, subur dan akan mampu melawan berbagai jenis penyakit tanaman.

4. Beri ruang dan ruang untuk memungkinkan perkembangbiakan

Monster tanaman ini adalah tanaman merambat. Oleh karena itu, berikan ruang dan jarak untuk menyebar dengan benar. Tanaman dengan janda berlubang adalah epifit atau hemifit sebagian yang berarti mereka tinggal di inangnya. Beri dia ruang untuk memanjat. Hal ini dapat merangsang pertumbuhan akar di dalam batang tanaman.

Dimungkinkan untuk menempatkan pot dengan jendela berlubang di dekat pohon atau dinding untuk memungkinkannya tumbuh hingga ketinggian. Tanaman ini mampu mencapai tinggi 20 meter.

5. Hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung

Tanaman berjendela cocok untuk tanaman indoor karena tidak terkena sinar matahari langsung. Namun, kamu tetap bisa meletakkan tanaman di depan jendela yang terbuka untuk menerima sinar matahari yang dibutuhkan.

Sinar matahari langsung dapat menyebabkannya mengering, kemudian menguning dan akhirnya rontok. Jika kamu berencana menanamnya di luar ruangan, kamu bisa memasang atap atau jaring untuk membatasi jumlah sinar matahari yang dipantulkan.

6. Waspadai suhu di area sekitar

Kondisi suhu harus dipertimbangkan saat merawat tanaman janda berlubang. Agar tumbuh dengan baik, tanaman bolong janda dapat disimpan di tempat dengan suhu 23-30 derajat Celcius pada siang hari dan suhu minimum 15 derajat Celcius pada malam hari.

7. Biarkan tanaman mendapat hujan

Janda bolong tidak terlalu suka air, tetapi jika hujan dan tidak tahan, biarkan mereka mandi. Air hujan adalah sumber nutrisi yang baik dan serum organik yang membantu perkembangan janda berlubang. Nutrisi ini memungkinkan tanaman untuk mengembangkan daun baru.

8. Ganti pot ke yang baru karena menjadi lebih besar

Seiring waktu tanaman bolong janda akan tumbuh semakin besar. Mereka juga perlu pindah ke rumah atau pot “baru” yang lebih besar atau lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga disebut sebagai Repotting.

Tujuan repotting adalah memberi ruang bagi tanaman untuk berkembang. Tapi, hati-hati jangan sering-sering dipindah ya, Bela, karena bisa membuat tanaman stres dan tidak bisa tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.