Inilah Cara-Cara Menanam Tanaman Beluntas Yang Harus Kamu Tahu

Inilah Cara-Cara Menanam Tanaman Beluntas Yang Harus Kamu Tahu

Beluntas adalah tumbuhan dengan banyak titik percabangan, tulang rusuk halus dengan rambut lembut dan halus. Belunas bisa mencapai hingga 3 meter. Ciri-ciri utama tumbuhan ini adalah tangkai daunnya pendek yang tersusun berselang-seling pada sunsang berbentuk bulat telur ujung runcing tajam, membulat dengan tepi daun bergerigi berwarna hijau cerah, bunga menyembul dari ujung daun dan ketiak daun. Bunganya berbentuk punuk. Mereka juga menangani serta duduk. Dan untuk berwarna ungu. Buah longkah berbentuk agak atas dan berwarna coklat dengan tepi berwarna putih.

Daun beluntas mengandung alkaloid, tanin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flavonoid, magnesium dan fosfor. Selain itu, akar beluntas mengandung tanin dan flavonoid. Daun beluntas memiliki aroma yang khas dengan rasa yang sedingin es dan menyegarkan. Khasiat daun beluntas antara lain penambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, mengeluarkan keringat untuk menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan nyeri tulang, demam sakit pinggang, keputihan, dan nyeri. Beluntas memiliki banyak manfaat, di antaranya akarnya dapat digunakan untuk mengobati peluh dan pengkondisian keringat. Daun beluntas juga dikonsumsi segar atau dimasak. Dengan kadar minyak atsiri 5 persen, daun beluntas dapat menghentikan perkembangan Staphylococcus aureus, dan dengan kadar 20%, daun beluntas dapat menghentikan perkembangan bakteri Escherechia.

Karena banyaknya manfaat dan manfaat beluntas banyak orang yang mencoba menanam atau bahkan membudidayakan tanaman beluntas. Jika kamu berencana untuk membudidayakan atau bahkan menanamnya di pekarangan rumah kamu, berikut tata cara selengkapnya:

Persiapan Tanaman Beluntas

Tanaman beluntas dapat diperbanyak dengan menggunakan stek pucuk maupun stek batang. Bibit yang ditanam dengan cara stek dapat ditanam di lahan terbuka atau polibag. Berikut adalah beberapa strategi untuk stek batang, yang meliputi:

  • Pemilihan batang memiliki panjang sekitar 7-15 sentimeter.
  • Rendam batang dalam santan untuk mempercepat pertumbuhan akar.
  • Manfaatkan polibag dengan ukuran sekitar 15-20 sentimeter.

Penanaman Daun Beluntas

Setelah prosedur penyemaian selesai mengikuti sesi kedua, itu penanaman. Cara menanam beluntas bisa dicoba dengan membuat lubang tanam awal.

Setelah itu, letakkan batang yang sudah dipotong tadi untuk ditanam ke dalam tanah pertanian dan isi media tanamnya.

Perawatan Daun Beluntas

Pemeliharaan tanaman beluntas perlu menjadi bahan kajian agar kualitas tanaman selalu terjaga. Berikut beberapa cara memelihara tanaman beluntas yang antara lain:

  • Penting untuk memastikan bahwa tanaman tidak menerima terlalu banyak paparan sinar matahari dari awal proses penanaman hingga mencapai usia 1 bulan.
  • Disarankan untuk menyiram sekali sehari. Metode ini dapat diuji jika tanahnya kering. Namun, jika tanah tetap lembab, tidak ada alasan untuk menguji penyiraman.
  • Proses pemupukan diuji untuk memastikan tanaman beluntas tumbuh dengan baik dan efisien. Pupuk tersebut merupakan pupuk organik, seperti kompos yang berasal dari kandang.

Panen Tanaman Beluntas

Tanaman beluntas yang sudah lebat dan mencapai ketinggian 1-1,5 m sudah bisa mulai dipanen. Petik daun beluntas yang masih hijau muda dengan panjang 2-5cm dari puncaknya.

Untuk itulah kami membahas Cara Budidaya Tanaman Beluntas Semoga dengan artikel ini bermanfaat dan bermanfaat untuk semua orang, terima kasih sudah mampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.