Inilah 7 Khasiat Tanaman Ekor Naga yang Harus Kamu Ketahui

Inilah 7 Khasiat Tanaman Ekor Naga yang Harus Kamu Ketahui

Selebaran yang disebut ekor naga adalah daun tanaman merambat yang menempel pada tanaman lain. Daunnya besar dan panjang dengan ujung runcing, mirip seperti ekor naga. Inilah sebabnya mengapa disebut sebagai Ekor Naga.

Orang Jawa menyebut tanaman ini dengan namanya, jalu mampang dan orang Madura dikenal dengan lolo munding. Apa saja manfaat dan keistimewaan daun hijau khas ini?

Daun ekor naga mengandung berbagai macam zat yang telah teruji menjadi obat anti penyakit. Bahan kimia yang dikandungnya dapat memberikan perlindungan tubuh kamu dari masalah kesehatan tertentu seperti zat besi, kalium serta natrium. Daun ekor naga mengandung manfaat kesehatan fisik yang sayang untuk dilewatkan. Jangan kaget ketika menemukan berbagai pengobatan tradisional yang memanfaatkan daun ini.

REKOMENDASI:  Cara-Cara Menanam Tanaman Sawi Dengan Mudah Di Rumah Sendiri

1. Mengobati batuk

Orang Vietnam biasa memanfaatkan bunga ekor naga untuk mengobati batuk serta untuk konjungtivitis, lumpuh dan konjungtivitis. Bagaimana kamu membuatnya? gunakan tiga lembar daun ekor naga dan rimpang jahe.

Rebus 300 ml air hingga tersisa 200ml. Minum airnya selagi hangat.

2. Meningkatkan kecepatan penyembuhan luka

Zat besi yang terkandung dalam daun ekor naga dapat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit yang rusak. Minum air dari daun ini setiap hari untuk menuai hasil yang maksimal.

3. Kemampuan mengatasi bengkak dan nyeri akibat Rematik.

Nyeri dan bengkak pada persendian orang yang menderita Reumatik. Buat teh dari ekor naga dan air secukupnya dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Minum ramuan ini secara teratur sampai kamu merasa sembuh.

4. Bantuan dalam mengobati kelumpuhan (paralysis)

Orang Vietnam memanfaatkan daun ekor naga untuk mengobati kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu. Caranya sederhana dan bisa dilakukan dengan mengambil air yang berasal dari rebusan daunnya.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Tanaman di Dataran Tinggi yang Mudah Kamu Tanam

5. Memperkuat tulang

Mineral penting dalam daun ekor naga ini bisa bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga efektif untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis). Ambil secangkir air berdaun ini setiap hari untuk mencapai hasil terbaik.

6. Membantu mencegah kanker dan tumor

Daun ekor naga secara ilmiah terbukti membantu mencegah dan melawan sel penyebab kanker. Penggunaan tanaman ini sebagai penangkal kanker sudah terkenal di Singapura. Cukup dengan merebus daunnya dalam minuman teh.

7. Mengatasi peradangan kulit

Daun ekor naga memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai peradangan dan infeksi pada kulit, seperti bisul, ruam, kurap serta kutu air. Caranya adalah dengan mengiris daun ekor naga dan aduk hingga rata. Oleskan ke kulit yang membutuhkan perbaikan. Diamkan selama 15 menit sebelum dicuci dengan air bersih. Ulangi proses ini setiap hari, untuk mendapatkan hasil terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.