Inilah 6 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Kamu

Inilah 6 Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Kamu

Jenis bebek cocor dengan jumlah cairan yang banyak (succulent) terkenal dengan cara perkembangbiakannya melalui pucuk daun. Biasanya ditemukan di kebun dan di tepi parit. Namun, tak sedikit pula yang memiliki bebek cocor untuk keperluan penghias di dalam rumah.

Bagi mereka yang menyukai alam dan tanaman segar, memelihara tanaman hias di rumah kamu adalah kegiatan yang menyenangkan. Banyak orang memiliki tanaman hias untuk menambah daya tarik dan kesegarannya di dalam rumah. Tapi, selain sebagai penghias juga merupakan sumber tanaman hias dengan berbagai keunggulan dan fungsi.

Bebek cocor, juga dikenal sebagai herba yang dikenal dengan judul ilmiahnya Bryophyllum pinnatum adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga yang menakjubkan. Nuansa bunga tertentu akan berbeda, seperti merah, kuning, ungu dan merah muda, dan sebagainya.

Bentuknya yang khas dan indah membuat bebek cocor menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dicari. Tahukah kamu bahwa tanaman ini menawarkan manfaat bagi kesehatan? Untuk informasi lebih lanjut, lihat detail tentang manfaat kesehatan dari daun bebek cokelat ini.

REKOMENDASI:  8 Jenis Tanaman Pangan Terpenting di Dunia yang Harus kamu Ketahui

1. Memiliki Kandungan untuk Menyembuhkan Luka

Daun Cocor Bebek memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri di dalamnya. Bahan ini memiliki peran seperti antiseptik dan sangat ideal digunakan untuk mengobati luka. Caranya adalah dengan menumbuk daun cocor bebek hingga halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Setelah tercampur hingga terlihat seperti salep lalu oleskan pada luka selama beberapa jam.

2. Mengatasi Jerawat & Bekas Luka

Keuntungan paling nyata dari penggunaan cocor bebek adalah dapat digunakan sebagai pengobatan jerawat. Jerawat merupakan kondisi kulit yang biasanya sulit dihilangkan.

Takut muncul dan memiliki penampilan masam, jerawat juga bisa cenderung menyebabkan bekas luka yang sulit dihilangkan. Namun, antioksidan dari daun cocor bebek telah terbukti bermanfaat dalam menghilangkan jerawat serta bekasnya.

3. Mengobati diabetes

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, cocor bebek mengandung zat yang bertindak sebagai antidiabetes. Zat tersebut adalah ekstrak hidroalkohol.

Kombinasi bahan inilah yang membuat tanaman ini dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh penderita diabetes.

Tetapi, bahkan mereka yang tidak menderita diabetes mungkin dapat menjaga kadar gula mereka tetap terkendali dengan daun tanaman.

REKOMENDASI:  Inilah 6 Manfaat Tanaman Bawang Merah Untuk Kesehatan Organ Tubuh Kamu

4. Efektif untuk Mengobati Gigitan Nyamuk

Tanaman cocor bebek juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gigitan nyamuk. Cara terbaik adalah meremukkan beberapa lembar daun Cocor Bebek dan memerasnya sampai airnya keluar. Air kemudian dapat digunakan sebagai pengobatan topikal untuk gigitan nyamuk.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat lain dari bebek cocor adalah penggunaannya sebagai pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah kesehatan pencernaan. Makanan yang tidak bersih dan pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan, seperti sakit perut, dan sejenisnya.

Jumlah steroid flavonoid dan lipid dalam daun cocor bebek sangat efisien dalam mengurangi nyeri lambung. Caranya adalah dengan sering-sering mengkonsumsi air saringan dari bebek cocor.

6. Menurunkan kolesterol

Keunggulan lain dari tanaman yang kadang disebut sebagai ‘tanaman ajaib’ atau ‘tanaman ajaib’ ini adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dalam penelitian yang sama konsumsi 500 mg/kg berat badan ekstrak hidroalkohol dari daun cocor bebek telah terbukti menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL), juga dikenal sebagai kolesterol “jahat”, dan trigliserida darah.

Sementara pada saat yang sama, ekstrak daun cocor bebek dapat meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi atau kolesterol ‘baik’.

Leave a Reply

Your email address will not be published.