Inilah 6 Manfaat Tanaman Bawang Merah Untuk Kesehatan Organ Tubuh Kamu

Inilah 6 Manfaat Tanaman Bawang Merah Untuk Kesehatan Organ Tubuh Kamu

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan. Bumbu masakan ini sangat erat kaitannya dengan masakan Indonesia. Bawang merah memiliki sejumlah manfaat kesehatan selain sebagai bahan makanan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang merah.

Bawang merah memiliki kandungan yang tinggi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Energi, air, karbohidrat, gula, serat, protein, lemak, asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, asam lemak tak jenuh ganda, vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, K, E, dan asam folat adalah beberapa di antaranya kandungan gizi bawang merah, menurut E-Jurnal Widya Kesehatan Vol. 1 No. 1. Bawang merah juga termasuk kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium/natrium, seng, dan selenium, di antara mineral lainnya.

Manfaat Kesehatan Bawang Merah

1. Memiliki kemampuan mengelola diabetes

Selain menambah cita rasa pada makanan, bawang merah memiliki manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh. Penderita diabetes harus makan makanan yang seimbang. Grameds, tahukah kamu bahwa bawang merah dapat membantu diabetes?

Flavonoid dalam bawang merah dapat membantu menurunkan berat badan terkait diabetes. Bawang merah termasuk molekul peptida yang memiliki efek hipoglikemik, artinya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Sifat tertentu dalam bawang merah dapat membantu dalam stimulasi sekresi insulin. Hal ini dianggap mampu menurunkan respon inflamasi yang terkait dengan diabetes. Penderita diabetes dapat menurunkan kadar gula darahnya dengan banyak makan bawang merah.

2. Mendiagnosis dan Mengobati Gastritis

Menurut buku “Bawang Merah” karya Estu Rahayu dan Nur Berlian V A, makan bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bersihkan bawang merah dan konsumsi mentahKamu juga bisa memadukannya dengan makanan lain, seperti kecap, untuk menutupi bau tidak sedap.

3. Menjaga jantung

Bawang termasuk elemen yang membantu menghindari pembekuan darah dan menurunkan kolesterol dan lipid berbahaya. Bawang merah juga mengandung allicin, molekul kimia berbasis belerang yang memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah.

Hasilnya, bawang merah dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan Demam

Manfaat bawang merah untuk bayi baru lahir antara lain dapat menurunkan demam. Cukup campurkan bawang merah cincang, minyak kelapa, dan sedikit asam dalam mangkuk dan oleskan secara merata ke tubuh, fokuskan pada punggung dan perut untuk menghangatkan tubuh.

5. Jaga fungsi ginjal tetap terkendali

Bawang merah telah terbukti menurunkan kadar asam urat dan keratin dalam tubuh. Fungsi ginjal dapat dipertahankan dengan cara ini. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini karena sejauh ini hanya penelitian skala laboratorium yang dilakukan.

6. Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

Bawang merah selain untuk menjaga kesehatan jantung juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Bawang dapat membantu kamu mendapatkan kepadatan tulang jika kamu memakannya secara teratur. Bawang merah mengandung kalsium, mineral, zat besi, dan fosfor, yang memberi mereka kualitas ini.

Bukankah itu menarik? Dapat disimpulkan bahwa bawang merah (Allium ascalonium L) meningkatkan kesehatan tulang, mengurangi risiko patah tulang pinggul, meningkatkan kesehatan gigi, dan membantu pencegahan osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.