Inilah 6 Manfaat Jahe Merah Yang Harus Kamu Tahu

Inilah 6 Manfaat Jahe Merah Yang Harus Kamu Tahu

Jahe adalah salah satu herbal yang paling menyehatkan dan bermanfaat. Ada banyak jenis jahe yang tersedia di pasaran. Jahe merah adalah salah satu varietas tersebut. Jahe merah adalah jenis jahe yang berbeda dari varietas lainnya. Jahe merah, selain warnanya yang kemerahan, lebih banyak digunakan sebagai obat daripada bahan masakan. Jahe merah rasanya lebih pedas dari jahe lainnya.

Jahe merah kaya akan senyawa bermanfaat seperti shogaol dan gingerol. Jahe merah terkenal dengan bahan aktifnya yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan banyak penyakit. Ini hanya beberapa dari banyak manfaat jahe merah.

REKOMENDASI:  6 Cara Merawat Tanaman Monstera Agar Tumbuh Subur dan Indah

Manfaat Tanaman Jahe Merah

1. Rematik

Rematik adalah penyakit umum yang menyerang banyak orang. Karena mengandung minyak atsiri, rimpang jahe merah bisa digunakan untuk meredakan rematik. Ini juga memiliki efek antirematik dan farmakologis.

2. Stamina bisa meningkat

Jahe merah memiliki banyak manfaat. Dapat digunakan untuk meningkatkan stamina (tonik), dan meredakan nyeri otot. Manfaat jahe antara lain menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Jahe mungkin juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi nyeri otot.

3. Meringankan rasa sakit

Jahe merah memiliki manfaat 6-gingerdion, 6-gingerol dan pereda nyeri. Ini dapat mengurangi rasa sakit dengan menekan prostaglandin.

4. Menghambat jamur

Limonene jahe merah memiliki keuntungan menghambat Candida albicans, yang bertanggung jawab untuk infeksi jamur.

REKOMENDASI:  Berikut 7 Jenis Tanaman Hias Indoor Teras yang bagus Untuk Rumah Kamu

5. Pencegahan penyakit jantung

Menurut “Nutrisi, Metabolisme & Penyakit Kardiovaskular”, jahe merah mengandung asam alfa-linolenat, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Senyawa ini membantu menjaga ritme dan pemompaan jantung yang normal.

Potensi untuk mengurangi pembekuan darah oleh asam alfa-linolenat juga dimungkinkan.

6. Jauhkan bakteri dari mulut kamu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Betty Saptiwi et al. dalam jurnal “Advances in Health Sciences Research”, jus jahe merah efektif menghambat pertumbuhan bakteri Aggregatibacter actinomycetemcomitans, penyebab penyakit periodontal.

Jahe merah juga bisa digunakan untuk membersihkan mulut. Ini mengandung minyak esensial yang dapat menjaga tenggorokan dan mulut kamu tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.