Inilah 5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Tahu

Inilah 5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Yang Harus Kamu Tahu

Temulawak merupakan tanaman yang memiliki khasiat obat yang berasal dari Indonesia. Dikenal secara ilmiah sebagai Curcuma xanthorrhiza Temulawak tersebar luas di seluruh Pulau Jawa Indonesia. Juga di Malaysia dan Thailand. Dalam bahasa Sunda kata temulawak disebut koneng gede. dalam bahasa Madura disebut temulabak.

Temulawak kadang disebut juga sebagai jahe jawa. Jahe juga dikenal sebagai jahe Jawa karena merupakan bagian dari famili yang sama seperti tanaman jahe khususnya Zingiberaceae. Temulawak merupakan tanaman yang tumbuh subur di dataran rendah, terutama pada tanah yang gembur, sehingga rimpangnya dapat berkembang menjadi besar. Temulawak juga mampu tumbuh subur pada ketinggian 1.500m lebih tinggi dari permukaan laut.

Khasiat jahe telah dibuktikan melalui pengobatan tradisional Cina. Banyak orang memanfaatkan jahe, termasuk jahe asli atau sebagai krim untuk mengobati peradangan dan juga sebagai penyembuh luka. Apa manfaat jahe yang terbukti secara ilmiah? Berikut ringkasannya.

REKOMENDASI:  8 Jenis Tanaman Hias Bunga Cantik Untuk Pekarangan Rumah

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Temulawak dapat mengatasi gangguan pencernaan. Sesuai publikasi Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine berbagai masalah kesehatan di saluran pencernaan, seperti dispepsia, perut kembung, dan masalah pencernaan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jahe. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien dengan masalah kesehatan seperti kolitis ulserativa membaik dengan mengonsumsi suplemen jahe secara teratur.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat utama temulawak adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat ini berasal dari berbagai antioksidan dan nutrisi yang akan membantu sel darah putih dalam fungsi dan produksi antibodi.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat maka tubuh akan lebih terlindungi dari berbagai virus dan kuman penyebab penyakit. Sistem kekebalan yang sehat akan membantu kamu tetap sehat.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika kamu memiliki orang tua dengan anak yang sulit makan, jahe bisa menjadi obat yang efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Temulawak yang diolah menjadi suplemen atau jamu boleh dikonsumsi oleh anak-anak. Rempah-rempah dapat membantu mempercepat proses pengosongan cairan lambung yang berarti tingkat nafsu makan segera meningkat.

REKOMENDASI:  Harga Tanaman Hias Janda Bolong Hingga 100 Jutaan!

4. Mencegah Kanker

Temulawak dapat mencegah, mengendalikan atau bahkan menghilangkan berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus besar. Penelitian juga menunjukkan bahwa kehadiran Curcuma dalam jahe dapat menghentikan penyebaran dan pertumbuhan kanker prostat. Antioksidan yang terkandung dalam jahe mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan sehingga dapat mencegah perluasan pembuluh darah yang menjadi penyebab kanker.

5. Mengontrol kadar gula darah

Temulawak juga dikenal dapat mengurangi gula darah dan membantu menjaganya tetap terkendali. Manfaat jahe berasal dari efek anti-inflamasi dan antioksidannya, yang dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Temulawak juga dapat meningkatkan efisiensi insulin dalam mengatur kadar gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.