Inilah 5 Manfaat Tanaman Stevia Yang Harus Kamu Tahu

Inilah 5 Manfaat Tanaman Stevia Yang Harus Kamu Tahu

Daun stevia terlihat sangat mirip dengan daun mint, tetapi ujungnya tidak setajam itu. Daun yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Para ilmuwan percaya bahwa daun ini masih berkerabat dengan tanaman bunga matahari. Daun ini mungkin tidak mudah ditemukan karena lebih banyak dibudidayakan di Amerika Tengah.

Daun stevia lebih manis dari jenis daun lainnya. Daun stevia bisa digunakan untuk menggantikan asupan gula biasaKamu dapat menanam daun ini di kebun kamu sendiri jika kamu ingin menjadikannya sebagai obat alami. Karena disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia, tanaman stevia mudah tumbuh. Dapat digunakan sebagai tanaman obat keluarga.

REKOMENDASI:  Berikut 8 Macam-macam Janda Bolong Tanaman Hias

1. Baik untuk penderita diabetes

Stevia selain tidak tinggi kalori dan karbohidrat, dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa (gula darah).

Konsumsi stevia aman dan efektif dalam menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2, menurut penelitian. Yang terbaik adalah menggunakan stevia murni dan menghindari pemanis apa pun.

2. Kurangi berat badan

Stevia dapat mengurangi asupan kalori harian kamu. Selama kamu tidak makan terlalu banyak, cara ini bisa membantu kamu menurunkan atau mempertahankan berat badan.

3. Menurunkan tekanan darah

Stevia juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara teratur. Studi untuk mendukung klaim ini belum konsisten.

REKOMENDASI:  Mengenal Tumbuhan Porang dan Jenisnya

4. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi stevia dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan menurunkan kolesterol total, kolesterol jahat LDL, dan trigliserida. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat stevia.

5. Mengurangi kemungkinan terkena penyakit ginjal

Makanan manis dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Penelitian telah menunjukkan bahwa stevia dapat mengurangi risiko penyakit ginjal. Ini juga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan diabetes. Studi ini menemukan bahwa stevia adalah pemanis yang sangat baik bagi mereka yang memiliki penyakit ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.