Inilah 5 Manfaat Tanaman Meniran Untuk Daya Tahan Tubuh

Inilah 5 Manfaat Tanaman Meniran Untuk Daya Tahan Tubuh

Daun meniran sering dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif di berbagai daerah. Tanaman yang terletak di daerah tropis Asia dan Afrika ini biasa digunakan untuk mengobati penyakit kuning, dan penyakit hati.

Ada dua jenis meniran yang digunakan untuk pengobatan. Ini adalah meniran dengan warna merah (Phyllanthus urinaria L.) dan meniran hijau (Phyllanthus Niruri.). Untuk pengobatan, daun meniran hijau paling populer digunakan.

Daun kecil dan bulat dengan bentuk menyerupai putri halus umumnya disulap menjadi suplemen dan dapat dikonsumsi melalui minuman. Namun minum daun meniran tunduk pada persetujuan dokter karena efek samping dapat terjadi atau mengubah obat lain.

1. Membantu Daya Tahan Tubuh

Daun meniran merupakan sumber imunomodulator untuk memastikan kesehatan tubuh dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga merekomendasikan meniran sebagai bagian dari jamu yang dikonsumsi dengan mengubah jamu atau ramuan tradisional.

2. Antikanker

Daun meniran juga bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker, Toppers. Daunnya berfungsi sebagai sel-sel mati yang tampak seperti kanker.

Jadi sel kanker tidak akan terstimulasi untuk berkembang dan menggantikannya karena sel kanker yang ada bersifat abadi.

Namun, manfaat ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut dan belum valid.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Komponen hypophyllanthin dan phytolanthin yang terdapat pada daun meniran dapat menurunkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan yang ada dalam daun meniran bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah. Tapi, efek ini tidak dikonfirmasi pada manusia, dan itu termasuk Toppers. Karena itu, tidak bisa sepenuhnya diandalkan.

4. Baik untuk Kesehatan Hati

Phyllanthin yang ada dalam daun meniran dapat mengatur produksi enzim hati dan karenanya menghentikan kerusakan hati. Daun meniran juga bermanfaat dalam melindungi sel-sel hati dari efek stres oksidatif.

5. Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat daun meniran lainnya adalah membantu mencegah atau membantu mengobati batu ginjal. Hal ini dimungkinkan untuk menuai manfaat dari ramuan ini tidak melalui konsumsi oral melainkan melalui infus.

Menurut penelitian, mereka yang rutin memberikan infus yang mengandung daun meniran selama 12 minggu dapat menghilangkan batu ginjal. Batu di ginjal tidak dapat dicegah berulang di masa depan karena kadar asam urat dan asam oksalat yang lebih rendah dalam urin.

Tapi, jangan jadikan daun meniran sebagai pengobatan utama untuk batu ginjal. Manifestasi alergi bisa berakibat fatal karena reaksi yang tidak disengaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.