Inilah 5 Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 5 Manfaat Tanaman Krokot Untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah kamu mendengar bahwa kata “krokot” adalah judul tanaman krokot? Krokot sering dipandang sebagai gulma atau hama invasif sehingga sering dibiarkan sendiri. Namun juga memungkinkan untuk menggigit daun krokot. Mereka dikemas dengan nilai gizi yang luar biasa. Apa saja manfaat makan daun krokot untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

Tanaman krokot (Portulaca Oleracea) yang biasa disebut sebagai ikal biasa, memberikan banyak manfaat kesehatan yang tidak diketahui secara luas. Siapa sangka, ternyata tanaman krokot merupakan bagian dari deretan sayuran yang dikonsumsi.

Pada kenyataannya tanaman krokot mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan manusia. Dipercaya juga bahwa tanaman ini juga memiliki lemak omega-3! Mari kita pelajari lebih lanjut tentang berbagai manfaat tanaman krokot yang sehat untuk kamu.

Manfaat Krokot untuk kesehatan secara keseluruhan

Dilaporkan dalam Scientific World Journal menjelaskan bahwa daun krokot merupakan sumber yang kaya akan berbagai mineral penting seperti kalium (494 mg/100 gram) serta magnesium (68 mg/100 gram) serta kalsium (65 mg/100 gram). 100 gram). Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam krokot juga kaya akan manfaat kesehatan.

Masih enggan mengambil risiko dengan daun krokot? Nah, itulah beberapa manfaat daun krokot untuk kesehatan secara keseluruhan yang harus kamu waspadai.

1. Gizi tinggi

Dalam pengobatan tradisional krokot dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit karena tanaman ini dipercaya memiliki berbagai jenis nutrisi.

Berdasarkan penelitian, porsi krokot (100 gram) adalah sumber nutrisi yang baik

  • Vitamin A (dari beta karoten) 26 persen atau lebih dari dosis harian yang direkomendasikan (RAH)
  • Vitamin C sekitar 35 persen dari semua RAH
  • Magnesium 17 persen dari RAH
  • Mangan: 15 persen dari RAH
  • Kalium 14,4% dari RAH
  • Besi 11 persen dari RAH
  • Kalsium 7 persen RAH.

Selain itu juga memiliki sedikit vitamin B1 dan B2 serta folat, tembaga, dan Fosfor. Inilah sebabnya mengapa banyak orang berpikir bahwa tanaman ini bermanfaat. banyak manfaat.

2. Mengurangi risiko berkembangnya tumor dan tumor kanker

Kanker dan tumor adalah dua penyakit yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Daun krokot digunakan sebagai obat herbal tradisional untuk mencegah berbagai penyakit pada manusia, termasuk tumor dan kanker.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Carbohydrate Polymers menemukan bahwa ekstrak daun krokot bersifat bioaktif, termasuk hipoglikemik, antioksidan hiperlipidemia, antitumor dan antikanker.

Penelitian ini juga meneliti khasiat obat antitumor dan obat antikanker untuk mengamati pertumbuhan sel kanker serviks pada mencit. Pada akhirnya kandungan ekstrak daun krokot mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada mencit.

3. Menurunkan berat badan

Tanaman krokot mengandung serat makanan yang tinggi, namun sangat ringan kalori. Inilah sebabnya mengapa kita merasa kenyang lebih lama setelah memakannya. Dengan cara ini, kamu bisa mengurangi nafsu makan dan tetap langsing.

4. Menjaga kesehatan jantung

Krokot adalah salah satu dari banyak tanaman yang kaya akan lemak omega-3. Kandungan omega-3 krokot daun jauh lebih banyak dibandingkan tanaman lain.

Keuntungan dari asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam krokot sangat penting untuk melindungi pembuluh darah yang sehat, dan juga mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit termasuk serangan jantung dan gangguan terkait jantung lainnya.

5. Membantu perkembangan anak

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa lemak sehat ini dapat membantu perkembangan anak-anak. Memang asam lemak omega-3 telah dipercaya mampu memerangi tanda-tanda autisme serta gangguan defisit perhatian atau ADHD.

Leave a Reply

Your email address will not be published.