Inilah 5 Jenis Tanaman Cincau yang Mudah Dicari

Inilah 5 Jenis Tanaman Cincau yang Mudah Dicari

Sejak dulu daun cincau telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Dimulai dengan pereda nyeri untuk diare, mereka juga digunakan sebagai obat gatal. Cincau berasal dari versi Hokkien yaitu sinchau atau Xiancao yang diucapkan untuk diucapkan oleh orang Tionghoa yang tinggal di Asia Tenggara. Kata tersebut merujuk pada nama yang diberikan kepada salah satu Mesona spp. spesies tanaman, yang digunakan untuk produksi cincau. Ini adalah yang berasal dari bagian selatan Cina dan Indochina yang kemudian menyebar ke Indonesia.

Secara umum ada dua jenis cincau. yaitu cincau hijau dan hitam. Nuansa yang dihasilkan gelap dan beberapa tampak tembus pandang. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai macam tanaman cincau yang digunakan untuk memproduksi cincau. Di bawah ini adalah berbagai jenis pohon cincau yang dapat disulap menjadi cincau.

REKOMENDASI:  Tanaman Pangan dan Juga Fungsinya

1. Cincau Hijau Cina

Daun rerumputan hijau ini secara ilmiah dikenal dengan nama Cocculus orbiculatus. Pohon itu tumbuh sebagai Cylea tidak berbatang namun daunnya memiliki daun berbentuk hati dengan permukaan yang rata. Bunganya berwarna kuning dan muncul dalam kelompok kecil. Buahnya dibudidayakan dalam kelompok yang mirip dengan anggur.

2. Sumpit Kendi

Istilah ilmiah ini nama ilmiahnya adalah Stephania capita (Blume) Spreng. Di Indonesia pohon ini disebut sebagai gabus kendi. Pohonnya memiliki batang pohon yang ramping dengan daun tipis berbentuk lonjong dengan ujung runcing.

3. Cincau Hijau

Cincau hijau yang umum dihasilkan dari daunnya dari pohon anggur Cylea yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah. Daun cincau hijau memiliki daun berbentuk hati yang memiliki warna hijau tua. Permukaan daun kasar.

REKOMENDASI:  5 Jenis Tanaman Hias Daun Ini Bisa Menghidupkan Suasana Rumah kamu!

4. Cincau

Tanaman kedua, yang daunnya biasanya berubah menjadi hijau disebut cincau. Tumbuhan yang memiliki sebutan ilmiah Premna Oblongifolia ini dapat ditemukan di seluruh Indonesia maupun di Kepulauan Solomon. Ini memiliki batang besar. Daunnya hijau tua lebar, lonjong, agak keras, dan halus di permukaan.

5. Cuing/Cuwing

Tumbuhan yang secara ilmiah dikenal sebagai Tiliacora triandara ini banyak ditemukan di Thailand dan Laos yang biasa disebut dengan Bai Yanang. Daunnya berwarna hijau tua dan bunganya berwarna kuning.

Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan mampu tumbuh subur di iklim yang sedang. Biasanya , digunakan untuk membuat jeli dari rumput di seluruh negara Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.