Inilah 3 Manfaat Tanaman Azolla yang Harus kamu Tahu

Inilah 3 Manfaat Tanaman Azolla yang Harus kamu Tahu

Tanaman Azolla adalah pakis air yang daunnya mengapung di air, dan akarnya menggantung di bawah air. Mereka sering ditemukan di genangan air, parit, kolam atau danau, sawah atau sungai. Sebagian besar orang tidak mengetahui arti dari Azolla, dan tanaman ini sering dianggap sebagai gulma pengganggu, padahal sangat bermanfaat. Tanaman azolla tumbuh subur di iklim lembab dan tersebar di seluruh Amerika, Australia dan Asia bahkan Indonesia. Tanaman ini memiliki daun kecil yang diselingi. Permukaan daun lembut dan hijau cerah, dan mengandung banyak spora. Azolla merupakan tumbuhan, dan dua spesies yang paling sering dilihat dan dimanfaatkan adalah Azolla pinnata dan Azolla microphylla. Tanaman ini sangat rapuh terhadap suhu dingin dan juga bisa mati, dan kemudian berkembang biak melalui pucuk batang.

Manfaat Tanaman Azolla

1. Manfaat Azolla di bidang pertanian

Di bidang pertanian, khususnya di daerah yang melibatkan budidaya Azolla memiliki banyak nilai karena tanaman Azolla dapat menahan Nitrogen (N) di atmosfer. Artinya dengan menempatkan Azolla di sekitar tanaman, dapat membantu dalam penyediaan nutrisi, khususnya Nitrogen dan membantu mengurangi biaya Urea. Azolla digunakan untuk membuat pupuk hijau, yang kaya nutrisi. Dalam berbagai artikel, kandungan Azolla mampu mensuplai kebutuhan nutrisi tanaman. Rekomendasi penyediaan Azolla segar untuk satu hektar bervariasi dari 20 hingga 20 ton. Namun, jika sudah dijadikan kompos, dibutuhkan 5-6 ton per hektare. Kandungan azolla ditentukan oleh jumlah yang mungkin termasuk nitrogen (N) dalam tiga sampai 5 persen berat azolla serta fosfor (P) dalam jumlah 0,5 sampai 0,9 persen serta Kalium (K) kira-kira 2- 4,5 persen. Unsur lain yang dapat bermanfaat bagi tanaman antara lain magnesium (Mg) 0,5-0,6USD Besi (Fe) 0,06-0,26 persen kalsium (Ca) 0,4-1 persen serta Mangan (Mn ) 0,11-0,16 persen.

REKOMENDASI:  Inilah 8 Jenis Tanaman Lidah Mertua
REKOMENDASI:  Manfaat Penghijauan di Kota dan Penjelasannya

2. Manfaat Azolla untuk Hewan

Seperti halnya penggunaan Azolla untuk memancing, Azolla untuk ternak sangat bermanfaat karena memiliki kandungan protein yang cukup banyak yang bermanfaat bagi ternak. Azolla diberikan Azolla dilakukan dengan menyiapkannya satu minggu sebelumnya dan memberi makan dengan Azolla idealnya disediakan dalam keadaan kering. Karena jika basah kemungkinan hewan akan menderita diare karena ketersediaan air yang banyak.

3. Manfaat Azolla untuk Perikanan

Tanaman azolla juga dimanfaatkan untuk perikanan dan kelebihan azolla dapat digunakan sebagai pakan buatan, namun pakan yang terbuat dari azolla sangat tinggi nutrisi esensial bagi ikan. Nilai gizi pakan buatan yang terbuat dari Azolla dapat ditemukan sebagai berikut: kandungan karbohidrat dalam Azolla bisa mencapai 6,5 persen berat. 7,5 persen lemak, serat di Azolla memiliki 13% dan lebih besar, khususnya, kandungan protein dapat ditemukan di kisaran 31%. Selain kandungan proteinnya yang melimpah, Azolla juga bermanfaat untuk penjernihan air di kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.