Inilah 11 Manfaat Tanaman Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 11 Manfaat Tanaman Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Wortel adalah salah satu sayuran yang disukai banyak orang. Pasalnya, di balik kelezatan dan rasanya yang gurih, terdapat banyak manfaat bagi kesehatan wortel yang bisa kamu nikmati antara lain menjaga kesehatan penglihatan hingga mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Wortel adalah bagian dari keluarga umbi-umbian. Di Indonesia kita melihat wortel yang berwarna jingga, namun ada juga wortel yang berwarna putih, ungu, kuning atau hitam.

Wortel diproses dengan berbagai cara, seperti dimakan mentah, dimasak dan dipanggang, dikukus atau diubah menjadi jus, kemudian dibuat campuran untuk dijadikan camilan, seperti puding. Jus wortel dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk membuat mie dan roti yang lebih sehat.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

1. Perawatan Kulit

Wortel juga digunakan untuk merawat kulit agar lebih halus, kenyal dan sehat. Jika kamu menderita masalah dengan kulit berminyak disarankan untuk tetap mengonsumsi wortel. Jika kamu konsisten mengonsumsi wortel sepanjang hari, kulit kusam dan berminyak akan hilang. Selain itu, kulit kamu akan terasa lebih halus dan sehat karena wortel mengandung banyak vitamin.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Banyak yang percaya bahwa wortel bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi kerusakan pada mata. Namun, ini bukan hanya kebohongan karena wortel sarat dengan bahan-bahan yang baik untuk mata kamu, seperti vitamin A. Selain itu, wortel mengandung lutein, yang merupakan antioksidan untuk kesehatan mata kamu.

3. Melancarkan Pencernaan

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung serat sehingga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu mengatur pergerakan usus, sehingga membantu meningkatkan sistem pencernaan dan membantu kamu menurunkan berat badan. Jika kamu sering mengalami sembelit, cobalah makan wortel untuk menghilangkannya, daripada terus mengonsumsi obat-obatan kimia.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh mungkin tidak optimal, dan dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Ini bisa sangat serius jika tidak ditangani dengan tepatKamu juga bisa memulai konsumsi wortel secara rutin untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jumlah vitamin B yang terdapat pada wortel mampu memecah lemak, protein dan glukosa, sehingga membuat metabolisme lebih efisien.

5. Membuat Kehamilan Lebih Sehat

Wortel kaya akan mineral yang berperan penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Wanita yang sedang hamil disarankan untuk makan wortel karena memberikan banyak manfaat bagi ibu dan juga bayinya. Jika kamu rajin mengonsumsi wortel selama kehamilan, kamu akan dapat menghindari bayi yang terlahir cacat. Selain itu, ia memiliki antioksidan untuk menurunkan kemungkinan tertular infeksi.

6. Baik untuk Jantung

Wortel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dalam jangka panjang. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dalam wortel meliputi mineral dan vitamin. Mineral dan vitamin tersebut seperti vitamin A, fosfor beta karoten, dan kalsium. Semuanya berfungsi sebagai pelindung untuk memastikan jantung tetap sehat dan tidak mengalami masalah jantung yang parah.

7. Mempertajam Memori Otak

Vitamin B yang terdapat pada wortel sangat bermanfaat bagi otak karena mampu mempertajam daya ingat atau daya ingat. Jika kamu rajin makan wortel, biasanya kamu lebih mudah mempelajari atau mencapai sesuatu. Bagi kamu dengan anak-anak juga dapat mempertimbangkan memasukkan wortel dalam diet kamu sebagai suatu keharusan untuk meningkatkan kesehatan otak.

8. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sering ditakuti oleh masyarakat karena dapat membunuh dengan cepat. Tapi, jika kamu berkomitmen untuk makan wortel, kamu bisa menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan antioksidan yang terdapat dalam wortel yang telah diteliti memiliki kemampuan untuk menghilangkan sel kanker dan sel yang dapat berubah menjadi kanker.

9. Menghilangkan Bekas Luka dan Masker

Wortel juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan bekas luka atau digunakan sebagai masker wajah yang dapat merawat wajah kamu. Manfaatkan wortel untuk menghilangkan bekas atau kemerahan pada wajah yang disebabkan oleh sengatan matahari. Untuk membuat masker yang efektif, ubah jus wortel menjadi minuman dan campurkan ke dalam outmeal sampai menjadi lebih kental dan berfungsi sebagai masker.

10. Kesehatan Mulut

Napas yang sehat dan mulut yang segar sangat penting, terutama jika kamu sering berada di sekitar banyak orang. Wortel kaya akan mineral, di antaranya sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut. Mereka memiliki sifat antibakteri yang membantu menghentikan kerusakan mulut dan gigi. Selain itu, kandungan riboflavin dalam wortel membantu menghilangkan plak pada gigi kamu.

11. Memperlambat Penuaan

Menjadi tua adalah fakta tertentu, tetapi memperlambat proses penuaan sangat penting untuk memastikan bahwa tubuh sehat dan bugar, bahkan jika sudah cukup tua. Beta karoten yang terdapat dalam jumlah banyak pada wortel mampu membersihkan sel-sel mati. Ini pasti sangat bermanfaat karena membantu menunda timbulnya penuaan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.