Entrepreneurship Bsi Tips Rencana Bisnis

Entrepreneurship Bsi Tips Rencana Bisnis

Semua pihak harus kreatif dan inovatif untuk memasuki era disrupsi teknologi, yang dimulai pada era revolusi industri 4.0. Mereka dapat menciptakan produk yang kompetitif. Startup memainkan peran penting dalam perkembangan peradaban.

Sequoia Capital, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Singapura, menyatakan bahwa epidemi virus corona telah banyak membantu startup berbasis digital. Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat generasi milenial untuk memulai bisnis. Sebaliknya, mereka perlu memperhatikan sektor teknologi digital.

Sebuah rencana bisnis sangat penting ketika memulai sebuah startup. Ini harus memberikan gambaran tentang bagaimana perusahaan akan dijalankan. Informasi ini dibagikan dalam webinar yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), bekerja sama dengan BSI Startup Center.

1. Buat rencana bisnis

Ini adalah ide yang baik untuk setiap bisnis untuk memiliki rencana bisnis sebelum mereka mulai. Ini akan membantu kamu memformalkan ide kamu, dan merampingkan penciptaan bisnis.

Perencanaan adalah kuncinya. Pengusaha tahu bahwa penting untuk memikirkan dan meneliti ide kamu. Rencana bisnis yang menyertakan kanvas yang tepat adalah penting sebelum kamu memulai bisnis baru.

2. Lakukan survei

Selanjutnya, lakukan surveiKamu harus melakukan beberapa survei. Ada banyak indikator survei yang harus kamu lakukan, antara lain survei lokasi, survei harga, dan survei konsumen.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Tips Bisnis Digital Marketing

kamu dapat melakukan survei harga untuk mengetahui harga pesaing kamu untuk produk atau layanan serupa. Selanjutnya, kamu dapat memutuskan apakah produk kamu akan ditawarkan dengan harga yang sama atau dengan harga yang lebih rendah.

Tujuan dari survei konsumen ini adalah untuk mengetahui siapa pelanggan kamu sebenarnya dan apa kebutuhan mereka. Survei ini akan memberi tahu kamu apakah pasar kamu kelas menengah atau bawah. Untuk menentukan lokasi bisnis kamu, surveilah area kamu. Ini bisa berupa ruang pamer, ruang bisnis, pabrik, atau lokasi lainnya.

3. Pelajari semua yang perlu kamu ketahui tentang bisnis kamu

Ada sangat sedikit investor yang mau berinvestasi pada tahap awal bisnis. Peluang ini bisa datang kapan saja, jadi penting untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bisnis kamu dan siap untuk menjelaskan semuanya.

Sehingga investor dapat percaya bahwa kamulah yang paling mengetahui bisnis ini.

4. Konsultasi dan kemauan untuk belajar

Tidak ada orang yang sempurna. Setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Penting juga untuk mendengarkan pikiran orang lain.

kamu bisa belajar dari kesuksesan orang lain dengan berkonsultasi dengan mentor, teman atau orang sukses lainnyaKamu dapat memilih teman, mentor, atau seseorang yang telah sukses untuk menjadi penasihat kamu dan membantu kamu menentukan langkah apa yang harus diambil untuk mencapai kesuksesan. Lebih baik mendengarkan daripada berbicara.

5. Terima kegagalan dengan tangan terbuka

kamu memiliki dua pilihan yang akan menentukan kesuksesan kamu dalam hidup: maju atau diamKamu harus siap gagal jika ingin majuKamu mungkin tidak dapat mencapai tujuan kamu setiap saat.

REKOMENDASI:  Ternyata Mudah! Inilah 10 Tips Bisnis Pemula Membangun Bisnis

Cobalah untuk bersikap positif ketika kamu gagal. Kegagalan harus terjadi untuk belajar dan mempersiapkan kamu untuk sukses nanti. Jangan menyerah ketika kamu gagal. Terus mencoba.

6. Bicara saja tidak cukup, tapi harus dibuktikan dengan tindakan

kamu hanya bisa mengatakan apa yang bisa kamu lakukan. Jika kamu berbicara terlalu banyak, kamu tidak akan mencapai apa pun. Orang akan lebih mudah menilai pekerjaan kamu jika kamu tidak berbicara, melainkan dari apa yang kamu lakukan.

7. Belajar kapan harus menyerah untuk mencoba

Seorang kapten yang bijaksana tidak akan tenggelam dengan kapalnya. Ini adalah pepatah bahwa orang bijak tahu kapan harus mencoba dan kapan mereka harus berhenti.

Tidak perlu menyerah untuk mencoba. Terkadang, ada hal-hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi lebih baik. Hal yang sama berlaku untuk memulai bisnis. Terkadang bisnis yang kamu mulai tidak mengarah pada kesuksesan tetapi membuat kamu lebih miskin.

kamu harus bisa mengenali kapan kamu harus move on dari situasi sulit itu. Menghindari keterpurukan dengan bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan.

Ini adalah beberapa tips bermanfaat bagi siapa saja yang ingin sukses dalam memulai bisnis. Penting untuk tidak ragu-ragu untuk memulai, bahkan jika ini adalah usaha pertama kamu. Terus belajar dan ambil kesempatan. Semua bisa dilakukan, tetapi kita harus terus berusaha, bekerja keras, dan bertekad.