Enak Tidur Miring Kiri Atau Kanan ya?

Ada banyak posisi tidur. Ada beberapa posisi yang tersedia, antara lain terlentang atau menghadap ke atas, tengkurap, dan miring ke kiri atau ke kanan. Beberapa orang lebih suka tidur miring ke kanan atau ke kiri. Terlepas dari preferensi pribadi, setiap posisi tidur memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan.

Menurut National Sleep Foundation, yang dilansir Medical News Today, berbaring telentang adalah posisi tidur terbaik. Keuntungan tidur telentang adalah mempertahankan posisi netral untuk leher dan tulang belakang kamu. Dengan cara ini, kedua area rasa sakit dapat dihindari. Untuk bayi dan anak-anak, paling disarankan untuk tidur terlentang. Posisi ini telah terbukti mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak. Postur tidur terlentang, di sisi lain, tidak baik untuk semua orang. Menurut Sleep Doctor, posisi tidur yang disukai seseorang mungkin ditentukan oleh usia, jenis kelamin, dan status kesehatannya. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari tidur miring ke kiri atau kanan.

Keuntungan Tidur Miring

Setelah telentang atau menghadap ke atas, berbaring miring adalah postur tidur terbaik kedua. Secara umum, menurut Sleep Doctor, tidur miring lebih berhasil membersihkan limbah otak daripada tidur telentang atau tengkurap. Seperti diketahui, limbah otak, mulai dari racun hingga protein, harus dihilangkan secara rutin untuk menangkal penyakit alzheimer, parkinson, dan demensia. Selain itu, posisi tidur menyamping dianjurkan untuk individu yang menderita gangguan tidur seperti mendengkur atau sleep apnea. Terlepas dari keadaan ini, tidur di sisi kanan atau kiri kamu memiliki keuntungan yang berbeda.

Keuntungan Tidur Miring Kirim

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa tidur miring memiliki banyak manfaat kesehatan. Tidur miring ke kiri dapat membantu meringankan masalah refluks asam, terutama di malam hari. Orang yang menderita asam lambung dapat mengambil manfaat dari tidur miring ke kiri, karena perut terletak di bawah kerongkongan. Gravitasi bisa lebih cepat mengembalikan asam lambung yang sudah naik ke perut dalam posisi ini. Penyakit asam lambung sering kambuh di malam hari sebagai akibat dari postur tidur yang tidak tepat atau faktor gaya hidup seperti makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Selain itu, wanita hamil harus tidur miring ke kiri. Wanita hamil dapat mengambil manfaat dari beristirahat di sisi kiri mereka untuk meningkatkan aliran darah plasenta. Tidur miring ke kiri dianggap bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kamu secara umum.

Keuntungan Tidur Miring Kanan

Tidak hanya tidur di sisi kiri kamu memiliki manfaat kesehatan, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa tidur di sisi kanan kamu memiliki manfaat kesehatan. Tidur di sisi kanan kamu telah terbukti mengurangi aktivitas sistem saraf, mengakibatkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah. Selain itu, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa seiring bertambahnya usia, mereka secara alami tidur miring ke kanan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gagal jantung menghindari tidur miring ke kiri.

Mana yang lebih sehat, tidur miring ke kiri atau ke kanan?

Terlepas dari banyak keuntungan tidur miring, postur ini memang memiliki beberapa kekurangan atau kekurangan. Saat kamu tidur miring, tekanan pada wajah kamu dapat menyebabkan wajah kamu berkerut lebih cepat daripada saat kamu tidur terlentang. Selain itu, beristirahat di sisi kamu dapat mengganggu aliran darah ke lengan kamu. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kesemutan, sehingga membangunkan orang dari tidur. Yang penting untuk diingat adalah bahwa tidur miring ke kiri atau ke kanan menawarkan sejumlah keuntungan dan kerugian. Selain itu, sejumlah ahli berpendapat bahwa posisi tidur apa pun umumnya bermanfaat, asalkan menghasilkan tidur yang berkualitas. Tidur dianggap berkualitas jika seseorang tidur nyenyak, terbangun dengan segar, dan dapat bersantai dan fokus sepanjang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.