Ciri-Ciri Tanaman Wortel yang Harus kamu Tahu

Ciri-Ciri Tanaman Wortel yang Harus kamu Tahu

Wortel atau seperti yang dikenal dengan tanaman dalam bahasa latin (Daucus carota.) dapat digambarkan sebagai berbagai tanaman umbi-umbian yang umumnya berwarna jingga kekuning-kuningan. Menurut Wikipedia Wortel adalah tanaman tahunan (12-14 bulan dalam siklus hidupnya) yang dapat menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tanaman di tahun kedua hidupnya. Bagian wortel yang dapat dimakan adalah umbinya, atau akarnya.

Kandungan wortel terdiri dari energi, karbohidrat, gula dan serat makanan. Mereka juga mengandung lemak vitamin A, protein beta karoten dan Niasin, tiamin, riboflavin folat, vitamin B6 Vitamin C, kalsium magnesium, zat besi dan kalium. Begitu juga dengan natrium.

Ciri-ciri dari wortel varietas ini adalah batang bunganya yang tingginya sekitar 1 m dan bunganya berwarna putih, serta memiliki akar tunggang yang pendek serta memiliki bentuk dan fungsi dapat berubah menjadi umbi yang panjang dan bulat, sedangkan kulit pada umbi wortel adalah sangat tipis.

REKOMENDASI:  3 Cara Menanam Tanaman Kumis Kucing Dengan Baik Dan Benar

1. Akar

Morfologi yang paling menonjol ditemukan pada wortel adalah akarnya. Wortel dicirikan oleh akar tunggangnya, yang berserat yang sering berubah bentuk dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan produk makanan. Akar yang akar sayurnya besar, berbentuk bulat memanjang. Diameter akar 6 cm dan panjangnya bisa mencapai 30 cm tergantung jenis wortelnya.

2. Tangkai

Batang wortel terletak di dalam batang, dan umbi. Batangnya agak kecil dan panjangnya 1 sampai 2 cm. Batang wortel jenis ini memiliki rona hijau dan tidak memiliki sistem percabangan di dalam tanaman. Batang wortel biasanya digunakan untuk menyimpan dan mendistribusikan air yang dihasilkan oleh fotosintesis.

REKOMENDASI:  Berikut 5 Manfaat Tanaman Kencur Untuk Tubuh Agar Tetap Sehat

3. Daun

Daun wortel berbentuk kompleks atau tersusun dari beberapa helai daun, dan bersirip. Tangkai daun tanaman ini biasanya sepanjang 5 sampai 8 batang, dan panjangnya berkisar antara 10-20 cm.

4. Bunga

Hal ini juga dihiasi dengan bunga yang mekar ke arah bawah pada tanaman. Bentuk bunganya berbunga ganda, warnanya putih dengan merah. Batangnya tipis dan panjang. Bunganya terletak di area yang sama dengan batangnya. Proses penyerbukan bunga wortel dapat menghasilkan biji dan buah yang berukuran kecil dan berbulu.

5. Bohlam

Umbi wortel juga disebut sebagai wortel yang paling mungkin terlihat. Mereka biasanya memiliki diameter perkiraan 3,5 hingga 6,5 ​​sentimeter dan berat antara 100-300 gram. Selain diolah sebagai sayuran, umbi wortel juga bisa diolah menjadi jus yang banyak mengandung vitamin A.

Leave a Reply

Your email address will not be published.