Ciri-Ciri Tanaman Tomat Yang Harus Kamu Tahu!

Ciri-Ciri Tanaman Tomat Yang Harus Kamu Tahu!

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang menghasilkan buah yang kaya akan vitamin C. Tomat mungkin sudah sering kamu konsumsi dalam keseharian, baik sebagai bahan makanan maupun dikonsumsi langsung. Tapi apakah kamu tahu ciri-ciri tomat?

Dalam sistem klasifikasi taksonomi tumbuhan, pohon tomat diklasifikasikan ke dalam famili Solanaceae dan genus Solanum. Solanum. Mereka diklasifikasikan oleh tanaman dengan kemampuan hidup untuk waktu yang terbatas atau dikenal sebagai tanaman tahunan. Buah ini asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ciri-ciri Tanaman Tomat

1. Akar

Morfologi akar tanaman tomat adalah akar tunggang yang berkembang ke bawah. Tidak hanya akar tunggang tetapi akar tomat juga berserat dan memiliki kecenderungan tumbuh menyamping.

REKOMENDASI:  Cara Menanam Tanaman Cincau dengan Benar Dan Baik

Fungsi utama dari akar tunggang tomat adalah untuk penyerapan nutrisi. Selain itu, perkembangan akar serabut tidak terlalu jauh dari cakrawala. Akar jenis ini sangat cocok ditanam di tanah yang gembur.

2. Batang

Ciri utama batang tanaman tomat adalah teksturnya yang lembut namun tetap kuat. Bentuk batang pada tanaman ini adalah persegi panjang namun ada varietas yang memiliki batang tampak bulat. Selain itu, pada batang tanaman tomat terdapat bulu-bulu yang halus.

3. Daun

Daun tomat berbentuk lonjong dan memiliki gerigi di sepanjang tepinya. Bentuk daun tanaman tomat cenderung menyirip dan melengkung dari dalam. Tentu saja warna daun tomat cenderung hijau.

Daun tomat memiliki panjang sekitar 15-30 cm, dan lebar rata-rata 10-25 cm. Jenis daun adalah senyawa ganjil yang terdiri dari tujuh daun. Tempat daun tanaman tomat biasanya di sekitar batang, kemudian berganti-ganti.

REKOMENDASI:  Cara-Cara Menanam Tanaman Sawi Dengan Mudah Di Rumah Sendiri

Daun tanaman ditata dalam busur. Daun tersusun dalam tangkai dengan panjang kira-kira 3 cm.

4. Bunga

Tanaman tomat mekar dengan kepala kuning cerah. Jumlah bunga pada tanaman ini sekitar 6 buah, dengan diameter 1 sentimeter. Bunga ini termasuk dalam kategori bunga sempurna, yaitu mengandung benang sari dan kepala sari dalam satu bunga.

5. Buah

Bentuknya bisa sangat bervariasi berdasarkan jenis atau variasinya. Bentuk tomat bisa bermacam-macam mulai dari lonjong hingga bulat, lingkaran, persegi, dan masih banyak lagi. Ukuran tomat juga sangat berbeda berdasarkan jenis tomatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.