Cari Untung Dengan Menabung Saham

Cari Untung Dengan Menabung Saham

Siapapun bisa mulai berinvestasi dengan menabung saham tanpa harus memiliki dana modal yang besar. Kebanyakan orang sering terlena dengan kekhawatiran akan risiko kerugian dan penurunan nilai saham mereka. Meski begitu, berbekal pengetahuan dasar saham dan modal kecil, kamu bisa mulai melihat keuntungan atau peningkatan nilai yang signifikan dari investasi ini.

Aktif dalam investasi saham tidak hanya akan menguntungkan kepentingan pribadi, tetapi juga akan berkontribusi pada pertumbuhan positif penanaman modal di tanah air. Simak pembahasan berikut jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang menabung saham.

Apa sebenarnya Investasi Saham itu?

Menabung untuk saham mirip dengan menabung untuk aset lain (seperti emas atau obligasi). Namun, aset saham perusahaan publik di pasar modal disimpan atau diinvestasikan di sini. Nilai saham tersebut akan naik sebagai respon terhadap fluktuasi nilai saham yang dibeli.

Apa manfaatnya?

Ketika kamu mulai berinvestasi dengan menabung saham, kamu akan memperoleh keuntungan dari dua sumber: dividen, yaitu pembayaran bagi hasil yang dilakukan oleh perusahaan publik kepada pemegang saham dan didistribusikan secara tunai atau saham, dan keuntungan modal.

Capital gain juga memberikan keuntungan lain, seperti selisih positif antara harga beli (modal awal) dan harga jual. Menurut beberapa sumber, return saham tahunan berkisar antara 12% hingga 25%.

Peluang keuntungan juga meningkat jika investasi saham ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama (misalnya di atas 5 tahun). Pengembalian saham biasanya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai tambah investasi pada deposito, obligasi, dan emas.

Apa bahayanya?

kamu tidak hanya harus mewaspadai keuntungan yang besar, tetapi kamu juga harus siap dan mengantisipasi risikonya. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah frekuensi fluktuasi harga saham. Dalam jangka pendek, mungkin ada kerugian. Selanjutnya, dividen tidak selalu dibagikan oleh perusahaan (dari saham) jika perusahaan menggunakan keuntungan atau keuntungannya untuk membeli aset baru, melakukan akuisisi bisnis, atau membeli saham serta perusahaan baru.

Berapa Modal Yang Diperlukan Untuk Membuka Akun?

Nilai simpanan ditentukan oleh perusahaan atau bank sekuritas tempat kamu menabung. Beberapa mulai dari Rp. 100.000, Rp. 1.000.000, Rp. 3.000.000, dan Rp. 10.000.000. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh pada masing-masing perusahaan sekuritas sebelum kamu menyimpan saham di sana.

Selain itu, jika kamu ingin membeli atau menyimpan saham dengan nilai tertentu, kamu harus mendanai rekening efek/saham. Setiap pembelian satu jenis saham sama dengan setidaknya satu slot = 100 saham.

Bagaimana kamu Mulai Membuka Rekening Tabungan Saham?

Langkah selanjutnya adalah melakukan deposit atau transfer dana untuk setoran awal dan pilih saham yang akan dibeliKamu dapat menyesuaikan jenis saham yang kamu beli setiap bulannya berdasarkan jumlah uang yang kamu setorkan/autodebet setiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.